Ilustrasi penggunaan panel surya di rumah. Panel surya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rumah berkelanjutan. (SHUTTERSTOCK/ROBERT KNESCHKE)
Ilustrasi penggunaan panel surya di rumah. Panel surya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rumah berkelanjutan. (SHUTTERSTOCK/ROBERT KNESCHKE) ( KOMPAS.COM)

PLN Mulai Jual Panel Surya untuk Kendaraan Listrik, Bisa Ngecas Secara Gratis

21 September 2023 20:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperkenalkan teknologi terbaru untuk mendukung program elektrifikasi nasional dan ekosistem kendaraan listrik.

Teknologi ini berupa panel surya serta electrical generator (genset) yang bisa menangkap, mengkonversi, dan menyimpan tenaga panas matahari sebagai sumber listrik.

Sri Rejeki, Senior Account Manager PLN menjelaskan, teknologi ini sejatinya sudah digagas sejak tahun 2020, tapi penyempurnaan dan pemasaran awal baru dimulai di tahun 2023.

Dia menjamin panel surya dan genset terbaru ini bisa digunakan untuk mengecas daya semua jenis kendaraan listrik, baik itu sepeda, motor, atau mobil.

“Peak output-nya bisa mencapai 50 Kilowatt, jadi sangat mampu digunakan untuk ngecas mobil listrik atau motor listrik,” ucapnya kepada Kompas.com, di sela-sela pameran IEMS 2023 di Bogor, Rabu (20/9/2023).

Dia menambahkan, karena ukuran panel surya dan genset terlalu besar, PLN sedikit kesulitan untuk memamerkan unit contoh di lantai pameran.

“Panel suryanya bukan model biasanya yang bisa digulung, tapi betul-betul lempengan besar yang tidak bisa ditekuk, jadi agak sulit kalau dipamerkan,” kata dia.

Sri tidak merinci seberapa besar kapasitas penyimpanan genset, dan seberapa banyak daya listrik yang bisa ditampung.

Namun dia memastikan, penggunaan produk ini bisa memangkas pengeluaran listrik bulanan pengguna hingga 30 persen.

“Kami kampenyekan memang untuk kendaraan listrik, tapi ini bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga juga. Dan dia independen, enggak tersambung ke meteran listrik rumah,” kata dia.

Menyoal biaya, karena teknologi ini terbilang baru untuk keperluan komersial, harganya tentu tidak murah.

PLN sendiri mematok harga mulai dari Rp 50 juta, untuk biaya penasangan panel surya dan genset, termasuk garansi perawatan secara berkala.

“Kalau bicara soal jangka panjang, ini bisa dianggap sebagai investasi. Pengeluaran listrik bisa terpotong sampai 30 persen sebulan, itu saja kan nilainya sudah cukup besar,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Mulai Jual Panel Surya untuk Kendaraan Listrik, Bisa Ngecas Gratis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/21/071200815/pln-mulai-jual-panel-surya-untuk-kendaraan-listrik-bisa-ngecas-gratis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm