Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny)
Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Konversi Motor Listrik Menggunakan Regenerative Brake, Justru Cepat Jebol!

21 September 2023 20:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Konversi motor listrik diminati pehobi sebab pemilik motor bisa menggunakan komponen sesuai keinginan, salah satunya dengan menambah fitur regenerative brake.

Pada roda empat, regenerative brake biasanya berfungsi untuk mengubah energi panas gesekan rem menjadi daya listrik buat baterai. Tapi, di motor berfungsi seperti engine brake pada motor konvensional.

Divo Gimbal, punggawa dari bengkel konversi Elektrik Rakyat Indonesia, mengatakan, fitur regenerative brake sebetulnya kurang ramah pada kontroler karena cepat bikin jebol.

"Kalau regeneratif biasanya tidak kita pakai sebab secara tidak langsung dinamo saat kita lepas gas berputar itu mengeluarkan arus. Itu sebetulnya mengisi juga setrum berbalik, seperti engine brake untuk memperlambat motor," ujar Divo kepada Kompas.com di Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023).

"Banyak teman-teman yang pakai regeneratif brake ketinggian pada tidak bisa diseting jebol. Padahal tujuannya kan buat mengisi daya baterai lagi tapi jebol," katanya.

Divo menyarankan justru tidak usah pakai regenerative brake kecuali ada formula yang tepat.

"Regeneratif brake itu merusak kontroler, dinamo mengelurkan setrum ditambah regeneratif brake itu setrum berbalik, semakin besar setrum berbalik itu kontroler jadi tambah panas," kata dia.

"Kalau saya mending tidak pakai, karena jebol kontroler," ujar Divo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konversi Motor Listrik Pakai Regenerative Brake, Justru Cepat Jebol!", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/21/082200315/konversi-motor-listrik-pakai-regenerative-brake-justru-cepat-jebol-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm