Ilustrasi cokelat jahe.
Ilustrasi cokelat jahe. ( SHUTTERSTOCK/MSPhotographic)

Jaga Tubuh Saat Pancaroba, Berikut Cara Membuat Wedang Cokelat Jahe

23 September 2023 12:26 WIB

SonoraBnagka.id -  Minuman hangat cocok dinikmati saat pancaroba atau peralihan musim seperti saat ini. Pasalnya, peralihan cuaca panas ke hujan membuat tubuh rentan terkena penyakit, seperti radang tenggorokan.

Dikutip dari Healthline, radang tenggorokan disebabkan oleh respons imun tubuh terhadap infeksi. Jahe memiliki sifat antiiflamasi yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan meredakan peradangan.

Kamu bisa memadukan jahe dengan cokelat bubuk dengan rasa sedikit pahit untuk menghangatkan tubuh. Simak resep cokelat jahe dari buku "Yuk Wedangan! Minuman Hangat Legendaris" (2020) oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep cokelat jahe

Bahan:

1 liter santan encer atau susu cair

20 gr cokelat bubuk

150 gr gula palem

50 gr jahe, parut dan peras

Cara membuat cokelat jahe

1. Rebus santan, cokelat bubuk, dan gula palem hingga mendidih dan mengeluarkan aroma. Angkat, saring.

2. Masukkan air jahe ke dalam rebusan santan cokelat.

3. Hidangkan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Cokelat Jahe Hangat, Jaga Tubuh Saat Pancaroba", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/22/180600175/resep-cokelat-jahe-hangat-jaga-tubuh-saat-pancaroba.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm