Ilustrasi nasi hainan.
Ilustrasi nasi hainan. ( SHUTTERSTOCK/dreamaway)

Saran dari Penjual, Berikut Ini 3 Cara Membuat Nasi Hainan Gurih

23 September 2023 17:08 WIB

SonoraBangka.id -  Nasi hainan terasa gurih dan wangi. Sajian ini populer di Asia, khususnya Malaysia dan Singapura. Nasi hainan juga bisa ditemukan di Indonesia. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Monica Liefanny, Head of Production Potteria, menjelaskan tiga cara membuat nasi hainan enak berikut ini.

1. Gunakan takaran bahan yang tepat

Sama halnya dengan nasi biasa, jumlah beras dan air untuk membuat nasi hainan menjadi penentu tekstur akhir sajian ini. Monica tidak menyebut pasti takaran beras dan air untuk membuat nasi hainan. Namun, jumlah air harus lebih banyak daripada beras. Tekstur nasi hainan juga harus disesuaikan dengan hidangan. Seperti Monica, ia menggunakan nasi ini untuk isian claypot. Jadi, nasi hainan tidak dimasak terlalu lembek menggunakan banyak air karena masih ada proses lanjutan saat memanaskan claypot dan topping.

2. Pakai kaldu ayam

Rasa nasi hainan gurih karena campuran bumbu yang digunakan saat memasak nasi ini. Alasan utamanya adalah penggunaan kaldu ayam. Cairan ini membuat nasi hainan menjadi gurih. Jangan lupa tambahkan kecap asin, jahe, bawang, garam, dan lada untuk menambah gurih nasi hainan.

3. Masak dengan penanak nasi

Tanpa ribet, kamu bisa memasak beras, kaldu ayam, dan bumbu nasi lainnya langsung menggunakan rice cooker. Biasanya, Monica memasak nasi hainan selama 45 menit dalam jumlah tiga kilogram beras sekali masak. Durasi ini bisa jadi berbeda bila kamu membuat nasi hainan dalam jumlah sedikit di rumah. "Kalau masak satu kilogram beras di rumah, sebaiknya dicoba dulu untuk mendapatkan tekstur yang pas," jelas Monica saat ditemui Kompas.com di Potteria Gading Serpong, Selasa (19/9/2023). Sebelum mengangkat nasi hainan dari penanak nasi, kamu perlu mengaduknya sebentar, lalu segera menyajikannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Nasi Hainan Gurih, Saran dari Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/23/100300675/3-cara-membuat-nasi-hainan-gurih-saran-dari-penjual.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm