Aneka nasi bakar di Nasi Bakar Noni Gading Serpong.
Aneka nasi bakar di Nasi Bakar Noni Gading Serpong. ( Kompas.com/Antonius Aditya Mahendra Budi Santoso)

Cara Pilih Daun Pisang Buat Bungkus Nasi Bakar Agar Tidak Sobek

23 September 2023 17:19 WIB

SonoraBangka.id - Daun pisang biasa digunakan sebagai alas dan pembungkus makanan. Salah satunya adalah nasi bakar. Tidak sembarang daun pisang cocok digunakan untuk membungkus nasi bakar karena ketahanannya berbeda. Miske Tjandra, pemilik Nasi Bakar Noni, membagikan tips memilih daun pisang untuk bungkus nasi bakar. Simak berikut ini.

1. Pilih daun pisang batu

Daun pisang batu dinilai paling tepat untuk membungkus nasi bakar dibandingkan jenis daun pisang lainnya. "Daun pisang batu itu lebih tahan sobek," ujar Miske saat ditemui Kompas.com di Nasi Bakar Noni Gading Serpong, Selasa (19/9/2023).

2. Pakai daun pisang berwarna hijau segar

Sebenarnya, daun pisang bisa disimpan selama satu hingga dua hari di rumah, seperti disampaikan Miske. Namun, sebaiknya tetap menggunakan daun pisang segar yang baru diambil dari pohon agar ketahannya lebih terjamin. Daun pisang batu segar ditandai dengan warna hijaunya. Hindari memilih daun pisang yang menguning dan sudah mengering.

3. Jangan pilih daun pisang tebal

Jangan memilih daun pisang terlalu tebal karena kurang bagus digunakan untuk membungkus nasi. "Kalau daun pisang yang tebal itu rapuh, cepat sobek. Lebih kaku juga," tutur Miske. Sebaliknya, pilih daun pisang yang agak tipis dan lemas agar lebih mudah dibentuk saat membungkus nasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Daun Pisang untuk Bungkus Nasi Bakar agar Tidak Sobek", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/22/170800175/3-cara-pilih-daun-pisang-untuk-bungkus-nasi-bakar-agar-tidak-sobek.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm