Nasi bakar ayam saus Buldak Samyang ala Instagram @my.foodplace.
Nasi bakar ayam saus Buldak Samyang ala Instagram @my.foodplace. ( KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

Tahan 4 Hari, Berikut 3 Cara Simpan dan Hangatkan Nasi Bakar

23 September 2023 17:31 WIB

SonoraBangka.id - Nasi bakar tidak tahan lama bila disimpan di suhu ruang. Sebab, nasi dan lauknya sudah bercampur satu dalam bungkusan daun. Nasi bakar bisa disimpan selama berhari-hari, tetapi harus ditempatkan di kulkas agar tidak cepat basi.

Setelah itu, jangan lupa hangatkan nasi bakar supaya tetap nikmat disajikan setelah disimpan. Cara menyimpan nasi bakar dan menghangatkannya sangat praktis. Miske Tjandra, pemilik Nasi Bakar Noni, membagikan tips mudah ini kepada Kompas.com.

1. Simpan nasi bakar di  freezer

Miske mengatakan, nasi bakar boleh saja disimpan di kulkas agar dapat bertahan selama tiga hari ke depan. "Tetap biarkan nasi bakar dibungkus daun, simpan di kulkas. Bisa tahan selama tiga atau empat hari," saran Miske ketika ditemui Kompas.com di Nasi Bakar Noni Gading Serpong, Selasa (19/9/2023).

2. Kukus nasi bakar biar hangat 

Menurut Miske, cara menghangatkan nasi bakar paling tepat adalah menggunakan kukusan. "Kukus sebentar saja saat steamer-nya sudah panas, paling lima menit, nanti hangat lagi," ujar Miske. Metode kukus akan memanfaatkan uap untuk menghangatkan nasi bakar hingga ke bagian dalamnya.

3. Panaskan nasi bakar pakai teflon

Jangan dibakar ulang, kamu bisa menggunakan teflon sebagai media untuk menghangatkan nasi bakar. Bolak-balik nasi bakar di atas teflon panas hingga suhunya menghangat. Perhatikan bungkus daun agar tidak gosong selama memanaskannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan dan Hangatkan Nasi Bakar, Tahan 4 Hari", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/22/103200375/3-cara-simpan-dan-hangatkan-nasi-bakar-tahan-4-hari.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm