Ilustrasi kwetiau goreng.
Ilustrasi kwetiau goreng. ( SHUTTERSTOCK/RinaOkta)

Berikut 3 Cara Masak Kwetiau agar Tidak Lengket dan Tidak Lembek

23 September 2023 17:52 WIB

SonoraBangka.id - Kwetiau bertekstur sangat halus dan kenyal sehingga rentan lengket ketika dimasak dengan sedikit minyak. Bentuk kwetiau menjadi tidak sempurna bila terasa lengket saat dimasak.

Hasilnya, makanan terlihat hancur dan kurang menggugah selera. Ketahui cara memasak kwetiau agar tidak lengket dan tidak hancur, seperti disarankan Monica Liefanny, Head of Production Potteria, berikut ini.

1. Celupkan kwetiau ke dalam air mendidih

Tidak perlu direbus lama, kwetiau cukup dicelupkan ke dalam air panas atau mendidih agar tidak lengket saat dimasak. "Siapkan air panas, tinggal celupkan kwetiaunya. Prosesnya paling cuma 20 detik," kata Monica saat ditemui Kompas.com di Potteria Gading Serpong, Selasa (19/9/2023). Cara ini juga membuat tekstur kwetiau tidak banyak berubah sehingga bentuknya tetap sempurna ketika matang.

2. Beri minyak

Minyak dapat membantu kwetiau tidak lengket saat dimasak dan disajikan. "Pas diangkat dari air panas, tambahkan air panas ke dalam rebusan, baru kwetiaunya dimasukkan biar gak kematangan," ujar Monica.

3. Masukkan kwetiau pada akhir pemasakan 

Terlepas dari metode memasak kwetiau, baik rebus maupun tumis, sebaiknya masukkan kwetiau pada akhir pemasakan. Saat membuat kwetiau kuah misalnya, kamu dapat memasukkan mi kenyal ini sesaat sebelum masakan matang. Tujuannya adalah menjaga tekstur kwetiau tetap kenyal dan membiarkan proses memasak berlanjut ketika masakan panas dihidangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Kwetiau agar Tidak Lengket dan Tidak Lembek", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/21/160400175/3-cara-masak-kwetiau-agar-tidak-lengket-dan-tidak-lembek.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm