Ilustrasi air soda yang termasuk air berkarbonasi atau ditambah dengan karbon dioksida.
Ilustrasi air soda yang termasuk air berkarbonasi atau ditambah dengan karbon dioksida. ( )

Tak Mempunyai Warna, Apa Itu Air Soda dan Fungsinya untuk Masakan?

24 September 2023 06:34 WIB

SonoraBangka.id - Apakah kamu pernah minum soda gembira? Jika diperhatikan, minuman ini merupakan campuran air soda tawar atau biasa disebut soda, sirup, dan krim kental manis, dan es batu. Air soda yang biasa digunakan untuk soda gembira tak mempunyai warna alias transparan dengan gelembung-gelembung kecil.

Menurut Healthline, air soda atau soda water termasuk jenis air berkarbonasi. Air dicampur dengan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Produk air berkarbonasi bukan hanya air soda; ada juga sparkling water, club soda, air seltzer, dan fizzy water.

Masing-masing mempunyai ciri khas tertentu, air soda misalnya, merupakan nama umum yang dapat merujuk pada air seltzer atau sparkling water. Air soda bisa berasal dari dua sumber seperti dilansir dari Food Network.

Pertama, air biasa ditambah dengan karbon dioksida yang menghasilkan karbonasi, biasa disebut air seltzer. Kedua, air soda alami yang bersumber dari mata air atau sumur bawah tanah dimasukkan ke dalam botol.

Air ini umumnya disebut sparkling water. Air soda tidak mengandung alkohol karena hanya terdiri dari air, gas karbon dioksida, dan kadang ditambah dengan mineral lain. Kamu mungkin merasakan sensasi seperti ditusuk kecil saat minum air soda.

Hal itu dikarenakan asam karbonat dalam air soda merangsang ujung saraf di mulut. Mengutip Healthline, salah satu kekhawatiran terbesar tentang air soda adalah pengaruhnya terhadap gigi karena enamel terkena asam secara langsung.

Dalam sebuah penelitian, minuman berkarbonasi menunjukkan potensi kuat untuk merusak enamel tetapi hanya jika minuman tersebut mengandung gula. Tinjauan terhadap beberapa penelitian menemukan bahwa kombinasi gula dan karbonasi dapat menyebabkan kerusakan gigi yang parah.

Namun, air soda biasa hanya menimbulkan sedikit risiko terhadap kesehatan gigi. Kamu bisa mencoba minum air soda setelah makan atau bermukur dengan air biasa setelah minum air soda jika khawatir dengan efeknya terhadap gigi. 

Fungsi air soda pada masakan

Air soda bukan cuma digunakan untuk bikin minuman seperti soda gembira atau mocktail, melainkan juga makanan. Salah satu fungsi air soda yaitu membuat tempura atau gorengan lebih renyah dan ringan karena karbonasinya.

Kamu cukup mencampur sedikit air soda pada adonan tepung basah. Air soda juga bisa ditambahkan pada kocokan telur. Hal ini bakal membuat telur lebih mengembang, empuk, dan ringan.

Efek tersebut juga bakal kamu dapatkan jika mencampur sedikit air soda pada adonan panekuk dan wafel. Menambahkan air soda pada adonan bakso bakal membuatnya lebih ringan tetapi tetap lembut dan lembab.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Air Soda dan Fungsinya untuk Masakan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/21/113200775/apa-itu-air-soda-dan-fungsinya-untuk-masakan-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm