Ilustrasi mencoba helm di toko helm(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Ilustrasi mencoba helm di toko helm(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Beli Helm Motor buat Pemula, Pilih yang Model Half Face atau Full Face?

24 September 2023 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada anjuran bermanfaat bagi pengendara pemula, yang hendak membeli helm motor untuk pertama kalinya.

Anjuran ini membahas soal model terbaik bagi pemula, antara open face alias helm dengan bagian depan terbuka, atau full face alias helm yang menutupi wajah sepenuhnya

William, Pemilik Bandung Helmet Gallery menjelaskan, pengendara pemula sebaiknya memilih helm model open face saja, karena beberapa alasan dari segi penggunaan dan safety.

Menurutnya, helm open face punya setidaknya dua keunggulan utama apabila dibandingkan dengan full face, yakni bobotnya lebih ringan dan ukurannya kompak.

“Kalau buat pemula lebih enak open face saja, soalnya mudah disimpan dan bisa masuk bagasi, jadi enggak ribet. Kalau full face itu harus disimpan di tas,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, akhir pekan lalu.

Selain unggul dari segi penyimpanan, helm open face yang tidak terlalu berat juga jauh lebih nyaman digunakan karena tidak membuat leher pegal.

Alasan lain yang dibagikan william adalah segi penguncian, di mana helm open face umumnya menggunakan pengunci model microlock yang mudah digunakan.

Jika dibandingkan dengan helm full face yang menggunakan pengunci jenis double D ring, microlock jauh lebih mudah dan tidak ribet untuk digunakan.

“Model microlock kan cukup disambung dan dikencangkan saja, beda dengan double d ring yang pemasangannya memang agak rumit,” kata dia.

Terakhir, William menganjurkan konsumen untuk memastikan helm yang dibeli sudah memiliki standar minimal SNI, supaya keamanan dan kekuatannya terjamin.

Membeli helm juga sebaiknya dilakukan di toko offline, supaya ukurannya bisa disesuaikan dengan kepala, tanpa khawatir terlalu besar atau terlalu kecil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beli Helm Motor buat Pemula, Pilih Model Half Face atau Full Face?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/24/162100715/beli-helm-motor-buat-pemula-pilih-model-half-face-atau-full-face-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm