Ilustrasi jeruk bali.
Ilustrasi jeruk bali. ( SHUTTERSTOCK/imagine4sell)

Jangan Kupas Pakai Tangan Kosong, Ini Cara Makan dan Olah Jeruk Bali

25 September 2023 20:31 WIB

SonoraBangka.id - Kulit jeruk bali sulit dikupas tanpa pisau. Sebelum mendapatkan buahnya, kamu perlu mengupas kulit tebal jeruk bali hingga bersih. Sebab, jeruk bali memiliki kulit tebal yang juga dilapisi dengan selaput putih menempel tepat di bagian luar daging buahnya.

Simak dulu cara makan jeruk bali agar tidak bingung saat ingin mengonsumsinya. Mulai dari mengupas hingga mengolahnya menjadi makanan berikut ini. 

1. Potong jeruk bali vertikal

Tempatkan jeruk bali di alas kering agar tidak bergeser. Kamu bisa menggunakan talenan kayu, seperti dilansir Taste of Home. Posisikan buah ini vertikal, lalu arahkan pisau dari bagian atas ke bawah untuk memotong bagian kulit dan selaputnya perlahan. Usahakan tidak mengenai bagian dagingnya.

Biarkan mata pisau mengarah ke kulit jeruk bali terdalam agar lebih mudah dikupas dan daging buahnya tetap utuh. Buat enam hingga delapan garis vertikal yang ditandai pisau tajam di sekeliling buah agar lebih mudah dikupas. Kemudian, ambil kulit jeruk bali dan tarik perlahan hingga terlepas dari daging buahnya.

2. Bersihkan sisa selaput jeruk bali

Bila masih ada selaput yang menempel di daging buahnya, kamu bisa mengambil pisau kecil dan mengupasnya perlahan. Selaput jeruk bali ini membuat dominasi rasa pahit dibandingkan dengan asam dan manisnya buah.

3. Buat bumbu hingga minuman 

Pengolahan jeruk bali tidak terbatas. Kamu bisa membuat ragam makanan dan minuman dari buah ini. Dilansir dari Master Class, jeruk bali bisa dijadikan salad buah seperti biasa untuk menambah rasa asam yang kuat.

Rasa jeruk bali yang kompleks menjadikan buah ini cocok dibuat bumbu masakan, khususnya untuk daging sapi dan ayam, memperkaya rasanya. Kulit jeruk bali yang dijadikan manisan juga dapat dilapisi dengan cokelat untuk membuat permen. Jika tidak ingin repot, jeruk bali bisa diolah langsung menjadi jus untuk koktail atau moktail segar. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Makan dan Olah Jeruk Bali, Jangan Kupas Pakai Tangan Kosong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/25/161200275/cara-makan-dan-olah-jeruk-bali-jangan-kupas-pakai-tangan-kosong?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm