servis mobil Eropa(Eurostars x Ping Garage)
servis mobil Eropa(Eurostars x Ping Garage) ( KOMPAS.COM)

Apakah Masih Perlu Mobil Modern Melakukan Setel Klep Berkala?

26 September 2023 19:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Stel klep atau katup pada mesin merupakan salah satu perawatan mobil agar mobil tetap prima. Khususnya tidak menimbulkan suara kasar di mesin.

Seiring pemakaian, celah klep dengan pendorongnya bisa merenggang sehingga wajib disetel secara berkala.

Kendati demikian, tidak semua mobil membutuhkan penyetelan klep secara rutin karena beberapa mobil modern dibekali dengan mekanisme penggerak katup yang beragam.

Ada beberapa model mobil yang masih harus melakukan stel klep seperti Honda. Simak penjelasan ahli berikut ini.

Iwan Pratikno, Pemilik Bengkel Pradana Yogyakarta mengatakan semua mobil Honda masih membutuhkan stel klep.

“Penyetelan klep tidak diperlukan bila sudah menggunakan hydraulic lash adjuster (HLA) sedangkan pada mobil Honda semuanya masih harus setel manual,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Pria yang pernah menjadi mekanik Honda resmi ini mengatakan penyetelan katup hampir dilupakan oleh bengkel dewasa ini, karena memang montir-montir sekarang kurang memperhatikan itu.

Padahal, mobil modern sekalipun masih membutuhkan penyetelan klep secara berkala meski tidak setiap kali melakukan servis.

“Saya menganjurkan setel klep setiap mobil menempuh jarak 25.000 Km, agar performa mesin tetap terjaga dengan baik, minimal tidak menimbulkan bunyi kasar di area mesin,” ucap Iwan.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service bahwa penyetelan klep diperlukan tapi ketika melakukan pembongkaran kepala silinder saja.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm