Ilustrasi kaldu ayam 1 liter untuk bumbu dasar masakan berkuah yang gurih.
Ilustrasi kaldu ayam 1 liter untuk bumbu dasar masakan berkuah yang gurih. ( DOK.SHUTTERSTOCK/marco mayer)

Sedapkan Masakan Berkuah, Berikut 5 Bahan Pengganti Kaldu Ayam

27 September 2023 14:35 WIB

SonoraBangka.id - Ingin membuat sop sayur tapi kaldu ayam sedang habis di rumah? Jangan bingung dulu.  Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa bahan di dapur yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti kaldu ayam.

Penggunaan bahan tersebut mungkin tidak akan memiliki rasa gurih maksimal dan khas ala kaldu ayam.  Namun, kamu bisa menggunakannya saat keadaan genting dan harus menyelesaikan proses masak sup. Simak rekomendasi bahan pengganti kaldu ayam berikut ini.

1. Pakai kaldu sayur

Dilansir dari laman Taste of Home, kamu bisa menggunakan kaldu sayuran. Gunakan sisa kulit bawang, kulit wortel, daun seledri, dan tulang ayam. Masak hingga mengeluarkan kaldu dan gunakan untuk memasak sop ayam buatanmu.

2. Gunakan kaldu sapi

Kamu juga bisa menggunakan kaldu sapi untuk menggantikan kaldu ayam. Gunakan kaldu dalam bentuk kotak atau batang. Tambhakan dengan takaran yang sedikit agar tidak mengubah warna dan aroma dari kuah sop sayur.

3. Campuran mentega dan air

Dilansir dari laman Tasting Table, The Pioneer Woman menggunakan mentega asin dan air untuk menggantikan kaldu ayam dalam sebuah resep. Gunakan sekitar satu cangkir air biasa kemudian campurkan dengan satu sendok makan mentega asin. Rasio tersebut bisa memberikan rasa berlemak tanpa memunculkan kesan berminyak saat dinikmati.

4. Dashi

Gunakan dashi atau kaldu Jepang pada sop sayur buatanmu. Tambahkan sebagai pengganti kaldu ayam. Namun, gunakan dalam takaran yang sedikit karena dashi memiliki rasa amis dari sup dan kaldu.

5. Air dari kaleng buncis

Dalam laman Tasting Table yang sama menyarankan untuk menggunakan air dari kaleng buncis. Cairan tersebut memiliki kaya rasa dan bisa menjadi pengganti kaldu ayam. Gunakan rasio sebanyak 1:1 untuk cairan buncis atau kacang hitam dengan dengan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Bahan Pengganti Kaldu Ayam untuk Sedapkan Masakan Berkuah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/27/140900875/5-bahan-pengganti-kaldu-ayam-untuk-sedapkan-masakan-berkuah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm