Petugas dan Ratusan Warga Binaan (WBP) Lapas Pangkalpinang melaksanakan Sholat Istisqa
Petugas dan Ratusan Warga Binaan (WBP) Lapas Pangkalpinang melaksanakan Sholat Istisqa ( istimewa)

Memohon Diturunkan Hujan, Lapas Pangkalpinang Gelar Sholat Istisqa

27 September 2023 14:59 WIB

SonoraBangka.id - Ratusan Warga Binaan (WBP) Lapas Pangkalpinang dan petugas melaksanakan Sholat Istisqa berjamaah memohon  diturunkan hujan.

Sholat Istisqa berlangsung di kapangan blok Lapas Pangkalpinang, Senin (26/9/2023). Gema Istighfar terdengar sebelum pelaksanaan sholat istisqa di kumandangkan oleh seluruh jemaah sholat Istisqa untuk menjalankan syariat taubat.

Tepat pukul 09.00 WIB. Sholat Istisqa di tegakan, di kesempatan ini yang menjadi imam sekaligus khotib dipimpin oleh Ustad Abdul Qhadir Jailani Penyuluh Agama Islam dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam materi khutbah khatib mengajak umat Islam untuk bertaubat, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya pada saat kemarau panjang.

"Sholat istisqa  ini sebagai ikhtiar batin umat Muslim kepada Sang Pencipta, bermunajat, memohon, agar diturunkan hujan di tengah kemarau dan musibah kekeringan saat ini,” ujar khatib.

Sementara Kalapas Pangkalpinang Badarudin, pihaknya telah mengambil langkah langka memasuki musim kemarau seperti ini. Salah satunya melakukan perawatan sumber- sumber air yang ada di Lapas, perbaikan pompanisasi, pengiriman air bersih, dan sebagainya.

"Tentu upaya itu tidak akan pernah cukup namun perlu memang ikhtiar lahir harus diimbangi dengan ikhtiar batin, karena semua itu adalah kehendak Allah SWT," kata Badarudin dalam rilisnya, Rabu (27/9/2023).

Sementara Kepala Seksi Pembinaan Narapidana, Adam Ridwansyah mengatakan bahwa dilaksanakan sholat Istisqa ini merupakan suatu bentuk permunjatan pihaknya sebagai mahluk yang lemah dan memilki keterbatasan kemampuan.

"Sehingga wajib menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT , dimana saat ini yang sama- sama kita rasakan bahwa saat ini sedang berlangsungnya musim kemarau sehinga kami mengajak seluruh petugas dan Warga Binaan untuk melaksanakan  sholat istisqa, yang Alhamdulillah telah dilaksanakan hari ini," kata Adam.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Lapas Pangkalpinang Gelar Sholat Istisqa Memohon Diturunkan Hujan, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/27/lapas-pangkalpinang-gelar-sholat-istisqa-memohon-diturunkan-hujan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm