Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, saat jadi narasumber di acara talkshow P5 di SMA Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Rabu (27/9/2023).
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, saat jadi narasumber di acara talkshow P5 di SMA Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Rabu (27/9/2023). ( Ist)

Beri Dampak Negatif, Bullying di Sekolah Dikatakan Wabup Bangka Barat Perlu Peran Orangtua

27 September 2023 20:50 WIB

SonoraBangka.idBong Ming Ming selaku wakil Bupati Bangka Barat. menyebut perilaku bullying di sekolah memberikan dampak yang negatif bagi korbannya, baik dari segi fisik maupun psikologis.

Hal itu juga bisa menghambat upaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan mendukung bagi para siswa siswi di sekolah.

Bong Ming Ming juga meminta perlunya kesadaran bersama untuk melawan perilaku tercela tersebut, yang dikhawatirkan dapat merusak masa depan anak-anak.

"Bullying ini bahaya, baik dari segi fisik maupun psikologis. Tadi saya menyampaikan contoh sederhana mengenai dampak negatif bullying itu, biar mereka mengerti. Sejak dini kita harus memberi edukasi itu ke anak-anak kita," kata Bong Ming Ming, di acara talkshow P5 di SMA Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Rabu (27/9/2023).

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, saat jadi narasumber di acara talkshow P5 di SMA Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Rabu (27/9/2023).
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, saat jadi narasumber di acara talkshow P5 di SMA Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Rabu (27/9/2023). (Ist)

Selain itu, Bong Ming Ming menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendukung anak-anak mereka dalam menghadapi situasi bullying dan mengajak seluruh komunitas untuk berperan aktif dalam mencegah perilaku tersebut di sekolah.

"Pendidikan itu bukan hanya tanggungjawab guru di sekolah, tapi tanggung jawab kita semua termasuk orang tua di rumah. Orang tua punya andil punya peran yang penting untuk memberikan pelajaran bagi anaknya," ujarnya.

Bong Ming Ming juga menyarankan agar pihak sekolah menyiapkan ruang atau layanan pengaduan bullying, agar anak-anak yang menjadi korban dapat melaporkan apa yang ia alami.

"Tadi saya sampaikan ke pihak sekolah, untuk menyiapkan satu ruang atau nomor telepon yang bisa dihubungi. Jadi, yang dibully itu menyampaikan keluhannya khawatir malah semakin dibully. Jadi ruang itu tidak boleh diketahui oleh siapapun," ucapnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Perilaku Bullying di Sekolah Beri Dampak Negatif, Wabup Bangka Barat Sebut Peran Orangtua Dibutuhkan, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/27/perilaku-bullying-di-sekolah-beri-dampak-negatif-wabup-bangka-barat-sebut-peran-orangtua-dibutuhkan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm