Es batu
Es batu ( SHUTTERSTOCK)

Berikut 5 Cara Membuat Ice Gel agar Makanan Awet di Perjalanan

28 September 2023 07:23 WIB

SonoraBangka.id -  Ice gel benda yang berfungsi mempertahankan suhu dingin saat membawa makanan atau ASI tanpa memerlukan sambungan listrik. Ice gel juga berguna ketika sedang piknik untuk menyimpan minuman-minuman dingin agar lebih awet.

Sayangnya harga ice gel cukup mahal di pasaran, kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan tepung sagu dan air, kemudian dimasukkan dalam wadah plastik. Simak cara membuat ice gel agar makanan awet di perjalanan, dikutip dari majalah "Saji / ED 434 MAR 2019" (2019) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Campurkan sagu dengan air

Aduk rata air 1500 mililiter dan 200 gram tepung sagu di dalam panci sampai rata.

2. Campurkan sampai bening

Nyalakan api. Aduk campuran air dan tepung sampai bening.

3. Dinginkan

Dinginkan, masukkan ke dalam plastik.

4. Simpan dalam  freezer

Rekatkan plastik. Simpan di dalam freezer sampai beku.

5. Siap digunakan

Ice gel siap digunakan berulang kali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Ice Gel agar Makanan Awet di Perjalanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/27/220300475/5-cara-membuat-ice-gel-agar-makanan-awet-di-perjalanan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm