Modul memori LPCAMM dari Samsung
Modul memori LPCAMM dari Samsung ( Samsung)

Samsung Perkenalkan Memori LPCAMM untuk Laptop, Kencang dan Bisa Di-upgrade

28 September 2023 17:41 WIB

SonoraBangka.ID - Dua jenis RAM umum digunakan di laptop, yakni LPDDR (Low Power Double-Data Rate dan SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

LPDDR lebih kencang dan hemat tempat, tapi mesti disolder ke motherboard sehingga kapasitasnya tidak dapat ditambah di kemudian hari dan sulit diperbaiki. Sebaliknya, SO-DIMM bersifat modular dan dapat dibongkar pasang, tapi tak sekencang LPDDR.

Nah, memori jenis baru bernama LPCAMM dari Samsung memadukan kelebihan dua memori tadi. LPCAMM kencang seperti LPDDR karena memang menggunakan chip memori LPDDR5X, sekaligus modular dan bisa di-upgrade seperti SO-DIMM.

Dibandingkan SO-DIMM, LPCAMM yang namanya merupakan singkatan dari Low Power Compression Attached Memory Module menawarkan kinerja 50 persen lebih tinggi, penggunaan daya 70 persen lebih efisien, sekaligus ukuran 60 persen lebih kecil.

"LPCAMM mengatasi kekurangan LPDDR dan SO-DIMM untuk menjawab permintaan atas perangkat yang lebih efisien dan ringkas," tulis Samsung dalam laman keterangan mengenai memori ini.

"Karena berbentuk modul yang dapat dilepas, LPCAMM menawarkan fleksibilitas lebih tinggi bagi pabrikan PC dan laptop dalam proses produksinya," lanjut Samsung.

Sebagaimana dihimpun dari Anandtech, Kamis (28/09/2023), Samsung menjanjikan LPCAMM akan memiliki data rate hingga LPDDR5X-7500, dengan lebar bus 128-bit.

Meskipun lebih kecil dibanding SO-DIMM, LPCAMM dengan dimensi fisik 78 x 23 mm masih lebih besar dibanding LPDDR yang biasanya dipakai untuk produk laptop tipis.

Jadi, LPCAMM agaknya tidak akan sepenuhnya menggantikan LPDDR, terutama yang diintegrasikan langsung ke kemasan SoC seperti pada chip Apple seri M yang digunakan di laptop MacBook.

Samsung rencananya akan mulai menguji coba LPCAMM dengan para pabrikan perangkat rekanannya tahun ini. Memori jenis baru tersebut diharapkan akan siap untuk dirilis secara komersial pada 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Samsung Perkenalkan Memori LPCAMM untuk Laptop, Kencang dan Bisa Di-upgrade", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/09/28/09300087/samsung-perkenalkan-memori-lpcamm-untuk-laptop-kencang-dan-bisa-di-upgrade.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm