Komputer mini Raspberry Pi 5
Komputer mini Raspberry Pi 5 ( Raspberry Pi Foundation)

Komputer Mini Raspberry Pi 5 Resmi, Kinerja Dua Kali Lebih Tinggi

29 September 2023 16:12 WIB

SonoraBangka.ID - Raspberry Pi Foundation pekan ini memperkenalkan generasi terbaru dari komputer mini besutannya, yakni Raspberry Pi 5.

Dibandingkan Raspberry Pi 4 yang diluncurkan pada 2019, Raspberry Pi 5 menawarkan sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah dari segi prosesor yang kini jauh lebih bertenaga.

Chip Broadcomm BCM2712 yang tertanam di Raspberry Pi 5 dibekali empat CPU 64-bit ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4 GHz.

CEO Raspberry Pi Eben Upton mengklaim bahwa chip Raspberry Pi 5 dua kali lebih kencang dibanding pendahulunya. "Ini adalah komputer Raspberry Pi pertama yang menggunakan chip dengan desain in-house," tulis Upton dalam laman perkenalan Raspberry Pi 5.

Aspek pengolah grafis juga meningkat, dengan GPU Broadcom VideoCore VII yang sanggup menjalankan dua monitor 4K60 sekaligus, dibandngkan monitor 4K30 tunggal di Raspberry Pi 4.

Raspberry Pi 5 juga menggunakan chip I/O controller baru bernama RP1 yang menyediakan dua buah konektor USB 3.0, dua buah USB 2.0, berikut Gigabit Ethernet, transceiver MIPI untuk kamera dan layar, serta general-purpose I/O (GPIO) 3,3V.

Rangkaian aksesori ikut diperbarui. Pengguna Raspberry Pi 5 bisa menggunakan add-on-board HAT (hardware on top) dengan slot M.2 untuk memasang storage SSD NVMe.

Kemudian, ada aksesori active cooling berupa kipas kecil untuk mendinginkan prosesor. Application processor di Raspberry Pi 5 memang memiliki konsumsi daya maksimal lebih tinggi dari pendahulunya. yakni mencapai 12 watt.

Karena itu, sebagaimana dihimpun dari PC World, Jumat (29/9/2023), Raspberry turut menyediakan power supply USB-C baru dengan kapasitas 27 watt (5V, 5A).

Raspberry Pi 5 rencananya akan mulai tersedia pada Oktober mendatang dalam dua versi, yakni varian dengan RAM 4 GB seharga 60 dollar AS (Rp 930.000) dan varian RAM 8 GB seharga 80 dollar AS (Rp 1,3 juta).

Banderol tersebut lebih mahal dibandingkan Raspberry Pi 4 yang dijual seharga 35 dollar AS untuk versi 1 GB. Namun, ada kemungkinan varian-varian lain dari Raspberry Pi 5 bakal dihadirkan dengan harga berbeda.

Spesifikasi Raspberry Pi 5 selengkapnya bisa disimak di bawah.

  • CPU 2.4GHz quad-core 64-bit Arm Cortex-A76
  • GPU VideoCore VII GPU, mendukung OpenGL ES 3.1, Vulkan 1.2
  • LPDDR4X-4267 SDRAM (tersedia varian 4 GB dan 8 GB pada saat peluncuran)
  • Dual 4Kp60 HDMI® display output
  • Dekoder 4Kp60 HEVC 
  • WiFi 802.11ac dual-band
  • Bluetooth 5.0 / Bluetooth Low Energy (BLE)
  • Interface microSD card berkecepatan tinggi, dengan dukungan mode SDR104
  • 2 × port USB 3.0, mendukung transfer data 5Gbps secara simultan
  • 2 × port USB 2.0
  • Gigabit Ethernet, dengan dukungan PoE+ support (lewat tambahan HAT PoE+ yang akan menyusul dirilis)
  • 2 × 4-lane transceiver MIPI kamera/display
  • Interface PCIe 2.0 x1 untuk periferal berkecepatan tinggi
  • Header GPIO 40-pin standar Raspberry Pi
  • Real-time clock
  • Tombol daya

Raspberry Pi sendiri adalah komputer mini yang dibuat oleh Raspberry Pi Foundation asal Inggris. Kata "Pi" di namanya merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Python yang dapat digunakan memprogram Raspberry Pi untuk beragam keperluan.

Selain bisa digunakan seperti PC desktop, komputer-komputer mini Raspberry Pi yang bisa menjalankan Raspberry OS berbasis Linux banyak dipakai oleh penggunanya sebagai otak di aneka perangkat seperti IoT hingga robot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komputer Mini Raspberry Pi 5 Resmi, Kinerja Dua Kali Lebih Tinggi", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/09/29/09020047/komputer-mini-raspberry-pi-5-resmi-kinerja-dua-kali-lebih-tinggi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm