Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi di Doubletree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi di Doubletree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023). ( KOMPAS.com)

Stok Beras Bulog 1,8 Juta Ton, Bapanas: Jika Diperlukan, Akan Kami Tambah

29 September 2023 16:19 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, hingga saat ini, jumlah Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai 1,8 juta ton.

Ia mengatakan, pemerintah akan menambah stok beras apabila dibutuhkan terutama menjelang Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 dan Idul Fitri.

"Yang penting stok di Bulog hari ini 1,8 juta ton beras akan masuk total 2 juta ton. Apabila diperlukan Bapanas akan melakukan kegiatan kegiatan yang men-top up stok Bulog. Jadi enggak usah khawatir," kata Arief di Doubletree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Arief mengatakan, dalam menambah stok beras Bulog, Bapanas berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

Ia mengatakan, dalam aturan tersebut, pengadaan stok beras mengutamakan produksi dalam negeri. Namun, tidak menutup opsi pengadaan stok dari luar negeri dengan tetap menjaga produsen dalam negeri.

"Berdasarkan kemandirian dan kedaulatan pangan, nomor satu adalah penyerapan dalam negeri tapi kalau di beberapa sentra produksi seperi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, NTB, itu ada beberapa yang panennya di bawah, artinya perlu penambahan dengan segala konsekuensinya tapi pahit harus kita lakukan yang penting kita punya ketersediaan pangan cukup," ujarnya.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Bapanas menjamin ketersediaan pangan dalam negeri dan memperbaiki harga beras di pasar.

"Harga pelan pelan kita perbaiki. Hari ini petani gembira karena yang ditujukan selama ini untuk Gabah Kering Panen (GKP) hari ini lebih baik. Tinggal kita mencari keseimbangan di hilir," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stok Beras Bulog 1,8 Juta Ton, Bapanas: Jika Diperlukan, Akan Kami Tambah", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/29/151000126/stok-beras-bulog-1-8-juta-ton-bapanas--jika-diperlukan-akan-kami-tambah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm