Buah kering tersedia dalam berbagai jenis dan rata-rata tinggi gula alami. Artinya, kandungan ini baik untuk seseorang yang sedang mencari makanan penambah berat badan, terutama jika mencari makanan yang praktis dan rasanya enak.
Buah kering tersedia dalam berbagai jenis dan rata-rata tinggi gula alami. Artinya, kandungan ini baik untuk seseorang yang sedang mencari makanan penambah berat badan, terutama jika mencari makanan yang praktis dan rasanya enak. ( PEXELS/BREAKINGPIC)

Berikut Ini 7 Cara Keringkan Buah untuk Teh yang Kaya Vitamin

30 September 2023 17:16 WIB

SonoraBangka.id -  Teh herbal dapat dibuat dari buah-buahan kering, bunga atau tanaman yang banyak manfaat kesehatan. Buah kering dapat diolah menjadi campuran teh yang segar, selain itu kaya akan vitamin dan antioksida.

Kamu bisa mengeringkan buah apel, plum, beri-berian, dan buah persik, simak cara keringkan buah untuk teh, dilansir dari laman Leaf.tv, berikut selengkapnya.

1. Pilih buah segar

Pilih buah yang segar dan matang, sedangkan buah terlalu matang mungkin terlalu berserabut atau kasar. Sementara buah mentah rasanya tidak manis dan warnanya kurang cerah, karena proses pengeringan tidak akan meningkatkan kualitas buah.

2. Cuci buah

Cuci buah dan sortir, buang buah yang busuk, buah berjamur dapat mempengaruhi buah saat dikeringkan.

3. rendam air panas dan dinginkan

Retakkan kulit buah yang memiliki lapisan lilin seperti plum, apel, dan beri-berian. Tempatkan buah dalam air mendidih selama 30 detik hingga satu menit. Kucurkan air dingin pada buah, tiriskan di atas tisu.

4. Campurkan asam askorbat

Campurkan dua setengah kristal asam askorbat ke dalam satu liter air dingin. Rendam buah selama 10 menit. Keluarkan buah dengan sendok berlubang dan tiriskan.

5. Panggang buah

Panaskan oven hingga 60 derajat celcius. Tempatkan buah yang sudah diolah di atas nampan pengering dalam satu lapisan.  Masukkan nampan berisi buah ke dalam oven, selama empat hingga 12 jam. Waktu pengeringan bergantung pada jenis dan ukuran buah. Seperti buah apel yang diiris halus membutuhkan waktu sekitar enam jam, sedangkan persik yang dipotong tebal bisa memakan waktu hingga 36 jam.

6. Periksa tekstur

Biarkan segenggam potongan buah mendingin hingga suhu kamar. Jepit buah untuk memeriksa kelenturan dan kekeringannya. 7. Simpan dalam wadah kedap udara Kemas buah kering dalam kantong zipper atau stoples kaca tahan lembab. Letakkan buah di tempat sejuk dan gelap untuk disimpan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Keringkan Buah untuk Teh yang Kaya Vitamin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/28/210300875/7-cara-keringkan-buah-untuk-teh-yang-kaya-vitamin.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm