Cuaca panas berpotensi merusak beberapa komponen mobil(shutterstock)
Cuaca panas berpotensi merusak beberapa komponen mobil(shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Panas Ekstrem, Jangan Tinggalkan Untuk Barang-barang Ini di Kabin Mobil

30 September 2023 19:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Cuaca panas belakangan ini membuat temperatur kabin bisa sangat tinggi, khususnya jika mobil diparkir di luar ruangan. Kondisi tersebut akan sangat berbahaya jika meninggalkan beberapa barang tertentu.

Saat mobil diparkir di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, temperatur di kabin bisa dua kali lipat lebih panas dibandingkan suhu di luar ruangan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, banyak orang yang tidak memikirkan bahaya meninggalkan barang-barang di kabin dalam kondisi panas ekstrem.

"Kebiasaan menjadikan kabin kendaraan sebagai rumah kedua. Tidak masalah jika parkirnya indoor, tapi kalau outdoor siap-siap ada barang-barang yang bisa jadi pemicu kebakaran," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, pada umumnya semua barang bisa berpotensi bahaya. Bahkan, dari barang-barang yang paling ringan sekalipun, seperti botol minuman yang masih terisi cairan.

"Saat penuh dan terpapar matahari langsung, maka akan bisa menggantikan fungsi kaca pembesar. Artinya, bias dari sinar matahari yang diterima oleh botol tersebut membuat obyek di sekitarnya menjadi panas berlebih dan menimbulkan api," kata Sony.

"Minyak wangi yang mengandung alkohol, yang kita tahu alkohol adalah bahan cair yang mudah tersulut panas dan terbakar," ujarnya.

Sony mengatakan, barang elektronik apa pun tidak didesain untuk menerima panas berlebih, seperti powerbank, HP, laptop, dan lainnya. Begitu pula dengan korek api yang jelas-jelas bisa menjadi alat penyulut api.

Bahkan, handsanitizer pun juga berbahaya kalau ditinggal di kabin. Sebab, cairan tersebut mengandung alkohol yang juga mudah terbakar.

Tak terkecuali Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang sekarang ini dianjurkan untuk dimiliki setiap kendaraan. Menurut Sony, APAR juga bisa meledak jika ditinggal di kabin yang temperaturnya tinggi.

"Bisa banget, karena saya pernah mengalaminya. Makanya, penempatannya harus di bawah, tidak terkena matahari langsung," kata Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panas Ekstrem, Jangan Tinggalkan Barang-barang Ini di Kabin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/30/064200615/panas-ekstrem-jangan-tinggalkan-barang-barang-ini-di-kabin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm