Ilustrasi caramel macchiato
Ilustrasi caramel macchiato ( PEXELS/KIRO WANG)

Berikut Ini Perbedaan Coffee Latte, Macchiato, dan Cappuccino

1 Oktober 2023 14:32 WIB

SonoraBangka.id - Beragam minuman espresso based tersedia di coffee shop. Coffee latte, macchiato, dan cappuccino adalah tiga di antaranya. Ketiganya sama-sama kopi susu, bisa disajikan dalam bentuk panas atau dingin.

Namun, komposisinya berbeda. Perbedaan coffee latte, macchiato, dan cappuccino ini perlu kamu ketahui sebelum memesan kopi di kafe. Toni, barista Hotel Aryaduta Semanggi, menjelaskan perbedaan ketiganya.

Coffee latte merupakan minuman kopi yang dibuat dari espreso, steam milk, dan foam milk yang dipanaskan hingga berbusa. "Sedangkan macchiato itu espreso yang ditambah dengan foam milk. Hanya menggunakan busa susu saja," jelas Toni ketika ditemui Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya, Rabu (27/9/2023).

Jenis macchiato terdiri dari espresso macchiato dan latte macchiato. Bila menemukan menu caramel macchiato, itu termasuk dalam jenis latte macchiato.

Perbedaan dua macam macchiato tersebut adalah takaran espreso dan susunya. Jumlah espreso atau kopi lebih banyak dalam espresso macchiato, sementara latte macchiato mengandung lebih banyak susu.

Itu sebabnya, espresso macchiato lumayan mirip dengan cappuccino, kopi susu lain yang juga tidak kalah populer. "Kalau cappuccino itu sama seperti coffee latte, itu espreso dan steamed milk, tetapi perbedaannya ada di takaran susu," tutur Toni.

Cappuccino dibuat dari espreso dan susu dalam jumlah yang sama, yakni satu banding satu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Coffee Latte, Macchiato, dan Cappuccino, Ketahui Sebelum Beli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/01/081000375/beda-coffee-latte-macchiato-dan-cappuccino-ketahui-sebelum-beli.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm