Ilustrasi jus timun bayam.
Ilustrasi jus timun bayam. ( SHUTTERSTOCK/Lecic)

Berikut Ini 4 Cara Membuat Jus Sayur agar Tidak Terlalu Pahit

1 Oktober 2023 14:35 WIB

SonoraBangka.id - Aneka minuman sehat, seperti jus, smoothie, dan moktail saat ini banyak dibuat dari sayuran. Pilih jenis sayuran yang tepat sebelum membuat minuman. Tidak lupa dengan bahan lainnya untuk campuran.

Bahan ini akan membantu mengurangi rasa pahit dari sayuran sehingga tetap nikmat dikonsumsi siapa saja. Tri Wahyudi, Food and Beverage Manager Hotel Aryaduta Suites Semanggi, menjelaskan empat cara membuat jus sayur sehat berikut ini.

1. Pilih sayuran

Menurut Tri, tidak semua sayuran aman diolah menjadi minuman, apalagi tanpa pemasakan terlebih dulu. Kamu bisa menghindari jenis sayuran bergetah untuk memastikan keamanan konsumsinya dalam kondisi mentah. "Tanaman-tanaman yang bergetah, itu tidak bisa digunakan langsung untuk membuat jus atau moktail, itu bisa membuat getir di lidah," kata Tri kepada Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya, Rabu (27/9/2023).

2. Padukan dengan asam

Sayuran identik dengan rasa pahit. Itu sebabnya, penting untuk memadukan sayuran apapun dengan bahan asam. Misalnya, jeruk nipis, lemon, atau buah asam seperti nanas untuk mengurangi rasa pahit sayuran. "Sayangnya, nanas itu asamnya tajam sehingga bisa mendominasi keseluruhan rasa minuman," ujarnya.

3. Hindari menggunakan gula

Jus sayur umumnya ditujukan sebagai minuman sehat, termasuk untuk menghindari minuman manis berlebih. Sebaiknya, gunakan madu sebagai pemanis sekaligus pengganti gula. Sesuaikan jumlahnya agar tidak berlebihan.

4. Jangan disimpan, langsung minum Tri mengatakan, minuman dari sayur sebaiknya tidak disimpan terlalu lama, apalagi sampai menginap di kulkas. "Baiknya ready to drink, maksimal enam jam. Lain hal kalau infused water, harus didiamkan lama," kata Toni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Jus Sayur agar Tidak Terlalu Pahit, Tambah Bahan Asam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/01/071200675/4-cara-membuat-jus-sayur-agar-tidak-terlalu-pahit-tambah-bahan-asam?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm