Ilustrasi mencuci mobil di rumah(-)
Ilustrasi mencuci mobil di rumah(-) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Tidak Boleh Langsung Mencuci Mobil Saat Kondisi Cuaca Panas!

1 Oktober 2023 16:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menyikapi cuaca panas yang sedang melanda wilayah Jabodetabek, ada anjuran bermanfaat seputar perawatan mobil.

Anjuran ini dibagikan oleh Dimas Faturrahman, Pemilik Bengkel Spesialis Autolamp dan Body Repair Dimas Motor. Menurutnya, sebaiknya mobil tidak langsung dicuci setelah terkena paparan panas matahari.

Dimas mengatakan, mencuci mobil dengan kondisi masih panas, akan terjadi penurunan temperatur secara tiba-tiba, hal ini dinilai cukup berbahaya bagi kesehatan bodi mobil.

“Pendinginan tiba-tiba itu enggak baik, soalnya bisa menrusak material bodi. Headlamp juga bisa rusak nantinya,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Sabtu (30/9/2023).

Menurutnya, ada dua kerusakan yang sangat mungkin terjadi. Meskipun tidak mendadak, kerusakan bisa muncul secara berkala.

Pertama adalah cat mobil terkelupas alias ngelontok. Kerusakan ini bisa dengan jelas terlihat, di mana permukaan mobil nampak memar dan mulai terasa kasar.

“Ini karena pemuaian, soalnya ada air yang masuk di antara lapisan cat dan panel bodi. Kalau nyuci mobil padahal kondisi pelat lagi panas, bisa kejadian cat ngelontok,” kata dia.

Karat juga merupakan kendala lain yang bisa terjadi, karena selain menyebabkan pemuaian, kontak air dengan logam panas juga memicu oksidasi yang membuat logam terkikis.

Kerusakan ini biasanya terjadi di bagian kisi atau sudut-sudut bodi mobil, seperti area jendela, atap, bahkan ujung kap mobil.

Kendala terakhir yang bisa terjadi adalah pecah rambut dan embun muncul pada bagian headlamp mobil. Menurut Dimas, kendala ini tidak separah dua kendala di atas, tapi tetap mengganggu.

“Sarannya kalau mau cuci mobil, baiknya nunggu sampai mobil adem dulu. Ngetes adem atau enggaknya cukup pegang kap saja. Kalau panas banget pas dipegang, berarti dicucinya nanti dulu,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Jangan Langsung Mencuci Mobil Saat Kondisi Cuaca Panas!", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/01/104100615/ingat-jangan-langsung-mencuci-mobil-saat-kondisi-cuaca-panas-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm