AC Mobil Suzuki(SIS)
AC Mobil Suzuki(SIS) ( KOMPAS.COM)

Ubah Suhu AC Mobil ke Kondisi Paling Dingin, Bikin AC Cepat Rusak?

1 Oktober 2023 17:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suhu udara di wilayah Indonesia dalam dua pekan terakhir terpantau mencapai 35-37 derajat Celsius. Cuaca panas membuat sebagian pemilik mobil merasa AC mobil jadi tidak panas.

Menariknya M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99, menjelaskan saat suhu panas tak sedikit pengemudi yang enggan memasang AC ke posisi paling dingin karena dianggap dapat merusak AC.

"Umumnya orang kita itu takut mengubah suhu dan blower, padahal suhu itu diubah-ubah sesuai kondisi atau kebutuhan," ujar Gunawan kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

"Kekhawatiran kalau mengubah suhu atau blower itu jadi merusak AC padahal itu sudah didesain oleh pabrikan agar kita nyaman berkendara. Cuma takutnya nanti dianggap merusak pada tidak," kata Gunawan.

Gunawan menegaskan, memaksimalkan suhu AC tidak merusak AC. Hal yang merusak AC bukan pada suhu tapi kalau AC tidak dirawat.

"Rusak kalau tidak dirawat," katanya.

"Jadi suhu kita maksimalkan, mentokin yang paling dingin, kalau (AC) digital itu bisa sampai 16-18 derajat, blowernya kita naikkan dua sampai tiga bar. Kalau tidak ada otomatis pakai manual supaya panas di dalam mobil itu cepat diganti," katanya.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, pada dasarnya menyetel AC hingga kondisi suhu paling dingin tidak merusak komponen yang ada.

"Tidak pengaruh, tidak merusak. Sebab memang sudah dihitung optimalnya dia segitu. Tapi memang dalam jangka panjang otomatis yang kerjanya lebih berat pasti komponennya lebih pendek umurnya," ujarnya.

Tapi Yudho mengatakan, jika hal tersebut dilakukan secara terus- menerus dan dalam jangka waktu yang panjang memang bisa kemungkinan AC cepat rusak. Terutama kalau sering menyalakan blower ke posisi paling besar.

"Sebetulnya tidak langsung rusak, karena blower itu kipas. Kipas waktu putaran tinggi sama rendah pasti ada perbedaan, yaitu akan cepat rusak, kenapa, karena putarannya dipaksa tinggi, entah bearing atau motornya," kata Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ubah Suhu AC Mobil ke Paling Dingin, Bikin AC Cepat Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/01/130100415/ubah-suhu-ac-mobil-ke-paling-dingin-bikin-ac-cepat-rusak-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm