Ilustrasi pecah ban mobil(tsikot.com)
Ilustrasi pecah ban mobil(tsikot.com) ( KOMPAS.COM)

Waspada Terjadinya Pecah Ban Saat Berkendara di Cuaca Panas

1 Oktober 2023 17:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu pemicu terjadinya pecah ban adalah durasi pemakaian yang melampaui batas. Ditambah dengan kecepatan laju kendaraan serta bebannya.

Ketiga faktor tersebut akan membuat ban lebih cepat panas sehingga membuat risiko pecah ban semakin tinggi.

Itu sebabnya, ada teori bahwa berkendara pada cuaca panas perlu waspada terhadap risiko pecah ban. Seperti apa teori lengkapnya, simak penjelasan dari ahli berikut!

Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia membenarkan bahwa saat musim panas atau kemarau risiko mobil mengalami pecah ban lebih tinggi.

“Kenapa bus jalannya malam? Ya salah satunya itu (menjaga kondisi ban). Karena bila bus jalannya siang, penuh misalnya dari Jakarta-Surabaya, itu dia akan takut bannya pecah di tengah jalan karena panas,” ujar Rozi di Jakarta (8/9/2023).

Menurut Rozi banyak bus jalan di malam hari karena alasan teknis tersebut, sehingga laju bus di malam hari bisa lebih leluasa untuk memacu kecepatan.

“Lihat saja bisa kayak setan (bus melaju di malam hari), tapi dengan melajukan kendaraan di cuaca panas tidak bisa diukur berapa persen habisnya,” ucap Marcell.

Selain karena cuaca, habisnya kembangan ban juga bisa disebabkan medan permukaan jalan yang sering dilalui mobil.

Menurut Rozi, jalan beton juga lebih abrasif dibandingkan jalan aspal. Oleh sebab itu, pengendara harus memperhatikan cara berkendara untuk meminimalisir dampaknya.

“Termasuk jalan Tol Trans Jawa, meski dari sini ke Cirebon kan sudah aspal, saya kan ukur jalan juga, dari sini sampai KM berapa itu masih aspal. Tol Cipali masih aman,” ucap Rozi.

“Mulai Cirebon ke sana itu mulai (jalan beton). Tapi ada aspalnya juga, di sambungan jembatan misalnya, nanti masuk Nganjuk ada lagi beton,” ujarnya.

Maka dari itu, pengendara mobil perlu lebih waspada ketika berkendara di bawah cuaca panas karena faktor yang menyebabkan pecah ban bertambah, tidak cuma kecepatan, beban kendaraan dan kontur jalan namun juga suhu permukaan jalan lebih panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Pecah Ban Saat Berkendara di Cuaca Panas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/01/145317815/waspada-pecah-ban-saat-berkendara-di-cuaca-panas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm