Begini Cara Cek Keaslian E-materai untuk Daftar CPNS 2023 dan PPPK
Begini Cara Cek Keaslian E-materai untuk Daftar CPNS 2023 dan PPPK ( tribunnews.com )

Mudah dan Cepat, Ini Cara Cek Keaslian E-materai untuk Daftar CPNS 2023 dan PPPK

2 Oktober 2023 13:29 WIB

SonoraBangka.id - Sudah tahu, jika seleksi CPNS dan PPPK 2023 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya?

Pada seleksi CPNS sebelumnya, dokumen yang dilampirkan untuk mendaftar adalah dalam bentuk printout yang kemudian discan.

Untuk tahun ini, dokumen yang digunakan untuk seleksi CPNS dan PPPK tidak perlu di print, semua dilakukan secara online.

Artinya, peserta tidak harus lagi mencetak dokumen dan kemudian membubuhkan materai pada surat lamaran maupun surat pernyataan.

Peserta hanya perlu mengetik surat lamaran dan surat pernyataan tersebut dan kemudian membubuhkan materainya secara online menggunakan e-materai atau materai elektronik.

Untuk membubuhkan e-meterai di dokumen, peserta perlu membelinya terlebih dahulu.

Membeli e-meterai bisa dilakukan melalui website Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia), selaku pembuat dan pendistribusi resmi e-meterai.

Selain itu, peserta juga bisa beli website penjual e-meterai resmi yang lain.

Dalam proses pembelian dan pembubuhan e-meterai, peserta mungkin khawatir apabila e-meterai di dokumennya tidak asli atau tidak sah. 

Oleh karenanya, sebelum mengupload surat-surat penting tersebut, peserta disarankan untuk mengecek terlebih dahulu keaslian e-materai yang digunakan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm