Ilustrasi latte art.
Ilustrasi latte art. ( SHUTTERSTOCK/fotogenicstudio)

Pakai Mesin atau Manual, Berikut Ini 3 Cara Membuat Latte Art

2 Oktober 2023 15:56 WIB

SonoraBangka.id - Kamu bisa memulai bentuk latte art mudah untuk pemula, seperti tulip atau hati. Kedua bentuk latte art tersebut disarankan oleh Toni, barista Hotel Aryaduta Suites Semanggi, bagi yang baru belajar seni menggambar dengan busa susu ini.

Selain itu, ada hal lain yang bisa disimak untuk membuat latte art antigagal di atas kopi susu panas. Simak tiga cara membuat latte art yang dibagikan oleh Toni saat ditemui Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya pada Rabu (27/9/2023), berikut ini.

1. Panaskan susu hingga berbusa

Panaskan susu sebelum membuat latte art. Kamu bisa membuat buih susu dengan steam wand di mesin espreso atau manual menggunakan milk frother. "Saat memanaskan susu di mesinnya, kocokannya itu gak boleh terlalu dalam, nanti buihnya jadi terlalu banyak," kata Toni. Tidak perlu lama-lama membuat foam milk ini. Cukup panaskan susu selama 10 detik dan segera gunakan untuk membuat latte art.

2. Posisikan gelas miring

Pegang gelas kopi di tangan kiri, sementara tangan kanan memegang wadah busa susu untuk membuat latte art. Posisikan gelas kopi agak miring dan mulailah dari bagian tengah agar busa susu dapat menyebar dengan baik.

3. Jangan ragu membuat  latte art

Menurut Toni, sebaiknya jangan ragu saat menuangkan busa susu ke dalam gelas kopi saat membuat latte art. Selama busa susunya sudah berhasil, latte art akan terbentuk dengan baik, apapun bentuknya. "Kalau busa susunya sudah jadi, dia bisa membentuk sendiri. Jadi tinggal digerakan saja," saran Toni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Latte Art ala Barista Hotel, Pakai Mesin atau Manual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/01/150300275/3-cara-membuat-latte-art-ala-barista-hotel-pakai-mesin-atau-manual?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm