Ilustrasi mobil mengalami overheat(Zulfana K. Rijal)
Ilustrasi mobil mengalami overheat(Zulfana K. Rijal) ( KOMPAS.COM)

Tidak Usah Khawatir, Cuaca Panas Tidak Menyebabkan Mobil Overheat

2 Oktober 2023 20:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil yang mengalami overheat menjadi momen yang cukup menegangkan bagi pemiliknya. Tapi, dengan pemahaman baik tentang sistem pendingin mesin, bisa mengatasi potensi permasalahan ini dengan mudah.

Ketika musim pancaroba dan seperti saat ini dengan cuaca yang panas mungkin pemilik mobil berpikir mobil akan overheat, dan perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap sistem pendingin mesin.

Iwan, pemilik Bengkel Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, overheat mobil ketika cuaca panas bukan disebabkan oleh suhu yang tinggi.

“Pemilik mobil tidak usah khawatir jika mobilnya overheat ketika cuaca panas. Sebab mesin mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin,” ungkap Iwan kepada Kompas.com, Minggu (1/10/2023).

Iwan menegaskan, pemilik mobil tidak usah khawatir soal overheat ketika cuaca panas, karena sistem pendingin mobil saat ini sudah cukup baik dan canggih, sebab dirancang untuk beroperasi efisien dalam berbagai kondisi suhu dan cuaca.

“Sepanjang komponen sistem pendingin mesin seperti radiator, coolant radiator, thermostat, kipas radiator dan water pump bekerja dengan baik, maka tidak akan terjadi overheat,” jelas Iwan.

Selain itu, Iwan memberikan contoh mobil yang overheat karena kipas radiator mati disaat cuaca panas.

“Ketika jalan macet misalnya, hembusan angin ke radiator akan berkurang ditambah udara luar juga panas, maka akan terjadi overheat,” ungkap Iwan.

Iwan menyarankan bagi pemilik mobil bisa mengetahui secara dini apa penyebab overheating.

“Langkah awal yang bisa dilakukan adalah memastikan coolant radiator tidak berkurang. Kemudian matikan AC bekerja dengan baik atau dingin,” jelas Iwan.

Bila coolant radiator berkurang dan AC sudah tidak bekerja secara optimal, pemilik mobil harus segera membawa ke bengkel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Khawatir, Cuaca Panas Tidak Menyebabkan Mobil Overheat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/02/121200315/jangan-khawatir-cuaca-panas-tidak-menyebabkan-mobil-overheat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm