Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Kereta Cepat Whoosh yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (2/10/2023) sedang diparkir di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Kereta Cepat Whoosh yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (2/10/2023) sedang diparkir di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur. ( KOMPAS.com)

Soal Tarif Kereta Cepat Whoosh, Luhut: Tunggu Saja Tanggal 16 Oktober

3 Oktober 2023 10:27 WIB

SonoraBangka.ID - Tarif kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau KA Cepat Whoosh bakal diumumkan pada 16 Oktober 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, usulan tarif kereta cepat Jakarta Bandung berada di kisaran Rp 250.000 sampai Rp 350.000.

Namun usulan tarif ini masih belum ditetapkan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator. Dengan demikian, meski Senin (2/10/2023) kereta cepat ini sudah diresmikan, namun besaran tarifnya masih belum bisa diumumkan kepada publik.

"Tadi kan sudah diberi tahu Presiden, Rp 250.000-350.000. Nanti tunggu saja tanggal 16 Oktober," ujarnya setelah peresmian KA Cepat Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Luhut mengaku masih belum dapat memastikan apakah setelah tarif diumumkan akan langsung diterapkan tarif normal atau masih ada promo berupa diskon tarif.

Sebab pada awal kereta cepat beroperasi hingga pertengahan Oktober 2023, KCIC masih memberlakukan tarif gratis.

"Nanti Presiden yang tentukan diskon atau enggak diskon," kata Luhut.

Sebagai informasi, penetapan tarif kereta cepat Jakarta Bandung ini menjadi wewenang KCIC selaku operator. Sebab, kereta cepat bukan golongan kereta ekonomi yang penetapan tarifnya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, saat ini pihaknya masih mengkaji besaran tarif yang sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yaitu sebesar Rp 250.000 sampai Rp 350.000.

Apabila pengkajian tarif kereta cepat Jakarta-Bandung ini sudah selesai, maka barulah pihaknya akan mengumumkan ke masyarakat luas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm