Ilustrasi ragi kering aktif.
Ilustrasi ragi kering aktif. ( SHUTTERSTOCK/Pixel-Shot)

Agar Awet dan Tetap Aktif, Berikut 4 Cara Simpan Ragi yang Benar

3 Oktober 2023 17:47 WIB

SonoraBangka.id - Istilah ragi mati dikenal untuk sebutan ragi tidak aktif dan tidak layak dipakai untuk membuat ragi. Ragi mati akan menyebabkan roti gagal. Adonannya tidak mengembang, hasil akhirnya pun bantat.

Kondisi ini disebabkan oleh cara menyimpan ragi yang salah. Ragi aktif atau ragi baru bisa mati bila disimpan di wadah yang tidak tepat. Ketahui cara menyimpan ragi yang benar agar awet dan tetap aktif saat digunakan, seperti dilansir All Recipes berikut ini.

1. Simpan ragi kering aktif di wadah kedap udara

Ragi kering aktif bisa bertahan hingga dua tahun selama kemasannya belum dibuka. Namun, waktu penyimpanannya bisa berkurang, bahkan habis, bila sudah dibuka dan tidak disimpan dengan benar. Jenis ragi kering aktif yang sudah dibuka harus disimpan di dalam wadah kedap udara, lalu dimasukkan ke kulkas atau freezer.

2. Simpan ragi instan jauh dari panas

Umur simpan ragi instan sama persis dengan ragi kering aktif. Saran penyimpanannya pun demikian. Kamu harus menaruh ragi instan di dalam wadah kedap udara, lalu boleh saja disimpan di kulkas atau freezer. Jauhkan ragi instan dari panas dan kelembapan untuk mencegahnya mati dan bisa disimpan awet.

3. Simpan ragi segar tidak lebih dari dua minggu 

Ragi segar tidak bisa bertahan lama seperti ragi instan dan ragi kering aktif. Jenis ini hanya mampu bertahan selama dua minggu di kulkas. Jangan gunakan ragi segar berwarna coklat tua, keras, berkerak, hingga berjamur karena menunjukkan ragi sudah tidak aktif dan tidak layak dipakai untuk membuat makanan.

4. Bekukan ragi Ragi bisa disimpan beku di freezer.

Bungkus atau taruh di wadah kedap udara, lalu bekukkan. Cara ini bisa membuat ragi kering tahan disimpan selama enam bulan. Metode membekukan ragi tidak berlaku untuk ragi segar. Ragi bisa dipakai langsung setelah dikeluarkan dari freezer, tanpa perlu dicairkan. Namun, kamu harus mengujinya terpisah dari adonan untuk memastikan keaktifan ragi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Ragi yang Benar agar Awet dan Tetap Aktif", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/03/150700575/4-cara-simpan-ragi-yang-benar-agar-awet-dan-tetap-aktif?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm