Peluncuran Hyundai Ioniq 5 Bluelink(Kompas.com/Donny)
Peluncuran Hyundai Ioniq 5 Bluelink(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Klaim Paling Serius Untuk Membangun Infrastruktur EV Indonesia

3 Oktober 2023 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bukan hanya memasarkan mobil listrik. Tapi, pabrikan asal Korea Selatan ini juga mengaku sebagai pemain yang paling serius dalam membangun ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

COO HMID Franciscus Soerjopranoto mengatakan, Hyundai mungkin bukan pionir dalam memasarkan mobil listrik. Namun, Hyundai yang paling serius dalam mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

"Karena yang pertama, mereka membangun yang namanya charging station. Jadi, kalau dulu ada yang namanya chicken and egg, siapa yang duluan, yang buat mobil duluan atau gas station yang duluan," kata Frans, kepada wartawan di Jakarta, Senin (2/10/2023).

"Karena konsumen juga bingung kan kalau ada produknya tidak bisa mengecas. Dulu kecemasannya seperti itu, produsen juga takut memberikan produk, tapi mengecasnya di mana?" kata Frans.

Frans menambahkan, Hyundai sebagai merek yang ingin maju dan sebagai game changer di industri otomotif dan pemain baru, menempatkan pilar yang kokoh untuk kendaraan listrik.

"Yaitu ikut aktif di charging station dengan sekarang bekerja sama dengan public area, sekarang sudah sampai hampir 300 charging station. Tapi, yang pasti di setiap dealer kita sudah ada charging station," ujarnya.

Selain itum Frans menambahkan, tahun 2023 ini Hyundai juga bekerja sama dengan LG Solution Mobility dan berencana untuk mempunyai pabrik baterai.

"Investasinya tidak tanggung-tanggung karena dari investasi 1,5 miliar dolar AS untuk manufaktur di Cikarang, ditambah lagi 1,1 miliar dolar AS untuk pabrik baterai ini," ujar Frans.

Jadi, pabrik baterainya adalah sel, kemudian diteruskan menjadi battery pack dan menjadi battery management system. Untuk battery management system, ada investasi lagi kira-kira 60 juta dolar AS, untuk yang ada di Cikarang. Jika yang sebelumnya, ada di Karawang.

"Jadi kalau kita tambahkan itu kurang lebih itu sekitar 3 miliar juta dolar AS. Jadi, di luar charging station, ekosistemnya dibangun juga untuk pabrikan," kata Frans.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hyundai Klaim Paling Serius Membangun Infrastruktur EV Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/080200415/hyundai-klaim-paling-serius-membangun-infrastruktur-ev-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm