Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu)
Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu) ( KOMPAS.COM)

Pasang AC Posisi Blower Disetel Maksimal Bikin Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

3 Oktober 2023 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas berlebih. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada 10 hari terakhir suhu udara Jakarta terpantau mencapai 35-37 derajat Celcius.

Sejalan dengan kondisi ini, bagi masyarakat yang aktif memakai mobil tentu saja akan menyetel air conditioner (AC) terlebih. Tak jarang dari mereka yang menggunakan blower dengan kekuatan penuh untuk mengusir hawa panas di kabin.

Tapi, ada anggapan yang mengatakan kalau blower disetel dengan kekuatan penuh dapat merusak AC mobil, lantas benarkah demikian?

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99, mengatakan, anggapan tersebut hanya mitos. Menurutnya, menyetel blower sampai maksimal tidak akan membuat AC mobil cepat rusak.

“Memang banyak mitos soal AC mobil, misal sering mengubah suhu di kabin bisa bikin AC cepat rusak, pakai blower dengan kekuatan penuh, dan lain sebagainya. Itu semua hanya mitos, karena pada dasarnya prinsip kerja AC itu kan membuat kita nyaman,” ucap Gunawan, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Gunawan melanjutkan, AC mobil rusak umumnya disebabkan karena pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan komponen vital pada AC mobil, seperti misalnya kompresor dan evaporator.

“Contoh hal sederhana saja, kalau kompresor jarang ganti oli kan bisa jebol, kemudian evaporator juga harus dibersihkan agar tidak banyak kotoran tidak menempel. Jadi bukan karena faktor lain, tapi lebih kepada faktor maintenance-nya yang tidak dilakukan dengan baik,” kata Gunawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasang AC Posisi Blower Maksimal Bikin Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/092200615/pasang-ac-posisi-blower-maksimal-bikin-cepat-rusak-mitos-atau-fakta-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm