Vespa klasik yang ada di os vintage autoservice(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)
Vespa klasik yang ada di os vintage autoservice(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda) ( KOMPAS.COM)

Merawat Vespa Klasik yang Masih Orisinal, Cukup Dijaga Tetap Asli

3 Oktober 2023 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bicara soal Vespa klasik, salah satu kondisi motor yang harganya jadi mahal adalah ketika masih orisinal, mulai kondisi bodi, cat, sampai mesin.

Vespa yang dijaga keasliannya tersebut memiliki nilai yang berharga dari pemiliknya. Salah satu keunikan dari Vespa yang masih orisinal adalah kualitas dari catnya yang berbeda dari hasil restorasi.

Selain itu, kalau mau bilang kebanggaannya, status Vespa orisinal itu cuma sekali. Misal, Vespa yang sudah dicat ulang, maka cat aslinya harus dikupas, artinya sudah tidak asli lagi bawaan pabrik.

Motor koleksi ini sebenarnya dijaga sama pemiliknya. Namun, untuk merawat Vespa klasik yang orisinal, tidak jauh berbeda dengan Vespa klasik lainnya.

"Cara rawatnya sama saja, paling yang orian begitu orang pakainya seminggu sekali atau dua kali, kehitung," kata Ndar, mekanik dari SAR Motor, bengkel spesialis Vespa di Bogor, kepada Kompas.com belum lama ini.

Artinya, perawatan yang dilakukan paling berupa ganti oli, cek pengereman, dan ganti kampas rem. Cuma tentu, pemilik biasanya jarang memakai motornya, maka rentang servisnya lebih jarang.

"Karena memang perawatannya juga mungkin dia sayang, sekalinya keluar kalau ada acara. Kalau buat harian sih enggak mungkin," kata Ndar.

Selain itu, pemilik juga pastinya menjaga keorisinalan dari motornya. Misal dari komponen mesin tetap sama, lampu, mika, sampai ke reflektor. Tapi kalau misal ada yang rusak seperti bohlam, tinggal ganti saja, selama yang lain masih ori.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Merawat Vespa Klasik yang Orisinal, Cukup Dijaga Tetap Asli", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/110200715/merawat-vespa-klasik-yang-orisinal-cukup-dijaga-tetap-asli.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm