Tukar tambah mobil bekas(Dok. Goodcar.id)
Tukar tambah mobil bekas(Dok. Goodcar.id) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kena Tipu Pedagang

3 Oktober 2023 21:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seiring dengan pertumbuhan industri otomotif, pasar mobil bekas terus berkembang dan menyajikan ragam pilihan merek, model, dan tahun produksi.

Pada pasar mobil bekas proses penawaran menjadi kunci. Pembeli harus melakukan riset menyeluruh tentang harga pasaran, jangan sampai tergiur karena murah saja hingga tidak melakukan pengecekan kendaraan.

Direktur Mobil88 Sutadi mengatakan, calon pembeli perlu mencari tahu informasi tentang mobil bekas, sehingga tidak mudah tergiur dengan harga miring tanpa tahu spesifikasi dan kondisinya.

“Pengetahuan calon pembeli tentang mobil sangat minim. Alhasil mereka tidak memeriksa kondisi bodi mobil bekas, jarak tempuh, mesin, kaki-kaki dan sebagainya,” ungkap Sutadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kondisi mobil seperti interior, eksterior dan mesin mobil juga perlu pengecekan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan perbaikan yang membutuhkan biaya besar.

Sutadi juga mengatakan, bila kurang paham terkait mesin, pembeli bisa mengajak orang lain yang lebih paham untuk membantu memeriksa kondisi mesin mobil bekas sebelum dibeli atau dibawa ke bengkel langganan.

“Belilah mobil bekas di showroom atau penjual yang terpercaya. Banyak-banyak mencari tahu dengan ahlinya, terutama di bidang user car sebelum memutuskan membeli mobil bekas,” jelas Sutadi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti BPKB, faktur pembelian, hingga Form A dari mobil bekas.

Sementara itu, Co-Founder Carro Aditya Lesmana mengatakan, harga yang ditawarkan merupakan cara mudah mengetahui rekam jejak kendaraan.

“Membeli mobil bekas tidak bisa disamakan dengan belanja baju atau makanan karena uang yang dikeluarkan besar. Sehingga, patut dipertimbangkan agar tidak menyesal ketika masa penggunaannya,” jelas Aditya beberapa waktu lalu.

Aditya mengingat calon pembeli jangan tergoda dengan harga murah, karena mungkin menandakan bahwa kendaraan memiliki masalah khusus.

“Bisa jadi, mobil banyak masalahnya selain dari usia yang suda tua. entah mobil sudah pernah terkena banjir, bekas tabrak, atau hal lainnya yang tidak bisa terlihat oleh kasat mata,” kata Aditya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kena Tipu Pedagang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/131200615/tips-membeli-mobil-bekas-agar-tidak-kena-tipu-pedagang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm