Karhutla hutan lindung di jalan By Pass Koba, Bangka Tengah, Rabu (4/10/2023).
Karhutla hutan lindung di jalan By Pass Koba, Bangka Tengah, Rabu (4/10/2023). ( Bangkapos/Arya Bima Mahendra)

Angin Kencang Jadi Kendala Pemadaman, 50 Hektar Lahan Hutan Lindung Jalan By Pass Terbakar

4 Oktober 2023 14:57 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, kobaran api terus menjalar membakar habis kawasan hutan lindung di jalan By Pass Koba, Bangka Tengah, Rabu (4/10/2023).

Asap pekat menyelimuti sepanjang jalan dan membuat pandangan pengendara yang melintas menjadi terganggu.

Apalagi, kebakaran itu terjadi dikedua sisi ruas jalan By Pass Koba Bangka Tengah. Akses jalan tersebut pun terpaksa ditutup sementara waktu dan dijaga oleh petugas.

Hal itu dilakukan dikarenakan api yang sudah membakar lahan kawasan hutan lindung By Pass sejak pagi kemarin belum kunjung bisa dipadamkan.

Kepala BPBD Bangka Tengah,Yudi Sabhara menyebutkan bahwa sebab dari peristiwa karhutla itu belum bisa dipastikan.

"Ini terjadi (kebakaran) belum bisa kami ketahui awalnya bagaimana. Api belum bisa kami padamkan dan dampaknya semakin meluas," ucap Yudi. 

Dia menjelaskan, bahwa luas lahan hutan lindung yang terbakar kurang lebih 30 hektar pada satu sisi jalan sebelah kiri (arah Pusat Kota Koba ke komplek perkantoran Pemda Bateng) dan 20 hektar pada sisi kanan jalan.

"Kalau yang sebelah kiri itu sudah dari kemarin terbakarnya dan yang sebelah kanan hari ini terbakarnya," jelasnya.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan bahwa proses pemadaman karhutla kali ini mengalami beberapa kendala. Salah satunya faktor angin kencang yang membuat api muda meluas. 

Kemudian, pihaknya juga membutuhkan banyak personil untuk melakukan pemadaman karena luasnya kebakaran yang terjadi.

"Selain itu, ada beberapa peralatan kami yang sedang dalam kondisi tidak baik saat ini," imbuhnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 50 Hektar Lahan Hutan Lindung Jalan By Pass Terbakar, Angin Kencang Jadi Kendala Pemadaman, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/04/50-hektar-lahan-hutan-lindung-jalan-by-pass-terbakar-angin-kencang-jadi-kendala-pemadaman.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm