Ilustrasi menyimpan buah dan sayuran di kulkas.
Ilustrasi menyimpan buah dan sayuran di kulkas. ( SHUTTERSTOCK/KPG-PAYLESS)

Bikin Daftar Menu, Berikut 6 Perilaku Kurangi Sampah Makanan di Dapur

4 Oktober 2023 16:47 WIB

SonoraBangka.id -  Saat akan memasak sesuatu, pasti kamu pernah merasa ada banyak sekali bahan makanan yang menumpuk di kotak sampah. Dengan menerapkan perilaku mengurangi sampah makanan, kamu bisa lebih banyak menghemat uang untuk membeli atau membuat aneka masakan. Lakukan pengurangan sampah makanan dari cara sederhana, seperti yang dilansir dari laman The Kitchn. 

1. Gunakan apa yang dimiliki

Ada baiknya untuk selalu memasak atau membuat aneka hidangan, dimulai dari bahan yang ada di dapur. Buka lemari es atau penyimpanan untuk melihat ada bahan apa yang masih bisa diolah sebelum membusuk.

2. Buat daftar menu

Jangan ragu untuk membuat daftar menu makan selama satu minggu dengan bahan yang ada di penyimpanan dapur. Misalnya saja, ada daging ayam di kulkas. Kamu bisa membuat aneka hidangan dari satu bahan tersebut seperti ayam panggang, nasi goreng ayam, dan sandwich.

3. Mengolah kembali masakan sisa

Kamu bisa mengolah makanan sisa, seperti nasi sisa semalam menjadi nasi goreng atau bubur. Begitu juga dengan sisa opor ayam. Kamu bisa menggunakann sisa opor ayam untuk isian lemper. Lihat Foto Ilustrasi menyimpan buah dan sayuran di kulkas. 

4. Jangan masak terlalu banyak

Jika kamu hanya masak untuk dua orang, pilih resep masakan untuk dua porsi makan saja. Perilaku ini bisa menghindarkanmu dari sikap membuang sampah makanan. Di sisi lain, kamu juga bisa memasak lauk makanan dalam jumlah lebih banyak. Pasalnya, lauk makanan bisa diolah kembali menjadi aneka menu masakan.

5. Susun makanan untuk porsi kecil

Hidangkan dan susun aneka masakan dalam porsi kecil. Ada baiknya untuk memasak menu seperti tumis sayur, sup dalam porsi kecil. Biasanya, masakan dengan bahan sayur tidak tahan lama.

6. Makan apa yang ada di kulkas

Jangan terlalu sering membeli bahan masakan dalam jenis yang sama, jika itu sudah ada di kulkas. Selalu utamakan membuat bahan masakan yang bisa disimpan dalam beberapa hari dan diolah dengan mudah menjadi aneka masakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Perilaku Kurangi Sampah Makanan di Dapur, Bikin Daftar Menu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/04/131100975/6-perilaku-kurangi-sampah-makanan-di-dapur-bikin-daftar-menu.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm