Ilustrasi sprinkles atau meses warna warni untuk taburan aneka dessert.
Ilustrasi sprinkles atau meses warna warni untuk taburan aneka dessert. ( DOK.SHUTTERSTOCK/New Africa)

Tidak Menggumpal, Berikut 4 Cara Simpan Sprinkle untuk Aneka Dessert

4 Oktober 2023 16:50 WIB

SonoraBangka.id - Saat membuat aneka dessert seperti cupcakes, es krim, atau donat. Tak jarang, seseorang menambahkan topping tabur atau sprinkles seperti meses warna-warni. 

Penggunaan sprinkles pada dessert untuk menambah warna dan tampilan hidangan lebih menggugah selera. Namun, sprinkles biasanya dijual dalam kemasan jumlah banyak sehingga perlu disimpan untuk digunakan kembali. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada cara simpan sprinkles yang benar agar hasilnya tidak menggumpal.  

1. Simpan dalam wadah yang tepat

Dilansir dari laman Storables, gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan aneka jenis sprinkles. Cara ini untuk menjaga kelembaban udara agar sprinkles tidak menggumpal. Kamu bisa menggunakan stoples kaca, wadah plastik, dan plastik ziplock. Masukkan sprinkles ke dalam salah satu wadah tersebut kemudian tutup untuk mencegah kelembaban udara.

2. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Cara simpan sprinkles yang kedua adalah tempatkan wadah di suasana yang sejuk dan kering. Paparan sinar matahari bisa membuat sprinkles menjadi menggumpal dan basi. Sebaiknya pilih tempat yang sejuk dan tidak mengenai sinar matahari secara langsung.

3. Jangan membekukan sprinkles

Masih dalam storables yang sama, hindari membekukan topping tabur di freezer. Cara tersebut bisa membuat teksturnya menjadi lunak atau bahkan lembek saat dicairkan. Ada baiknya, simpan bahan tabur di suhu ruang untuk mempertahankan bentuk dan tekstur aslinya.

4. Jangan menyentuh sprinkles saat tangan kotor

Pada saat akan menggunakannya, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan tidak basah. Jika kamu menggunakan peralatan seperti sendok, sebaiknya gunakan sendok bersih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Sprinkle untuk Aneka Dessert agar Tidak Mudah Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/04/120700475/4-cara-simpan-sprinkle-untuk-aneka-dessert-agar-tidak-mudah-menggumpal.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm