Cokelat hitam
Cokelat hitam ( Thinkstock)

Mana Favoritmu? Berikut Ini 5 Jenis Cokelat dan Perbedaannya

4 Oktober 2023 17:01 WIB

SonoraBangka.id - Bicara soal cokelat, makanan ini disukai oleh banyak orang, terutama pencinta sajian manis. Cokelat memang dikenal dengan cita rasa manisnya. Namun, ada juga jenis cokelat tanpa pemanis yang tetap digandungi sebagian orang.

Jenis cokelat populer ini setidaknya terdiri dari lima macam. Kandungan kakao dan bahan tambahannya berbeda, menghasilkan rasa yang tidak sama. Dilansir dari The Kitchn, simak lima jenis cokelat dan penjelasannya berikut ini.

1.  Unsweetened chocolate 

Nama cokelat ini mewakili rasanya yang tidak manis. Aromanya cokelat, tetapi rasanya pahit. Unsweetened chocolate dibuat dari biji kakao yang difermentasi, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari dan dipanggang. Kemudian, biji kakao digiling dan menghasilkan pasta yang dibentuk menjadi sebatang cokelat tanpa pemanis. Tidak ada tambahan gula dan pemanis lainnya dalam unsweetened chocolate. Total 100 persen kakao, termasuk 50 persen di antaranya adalah lemak atau mentega kakao.

2.  Semisweet chocolate 

Istilah semisweet atau cokelat semimanis merujuk pada jenis cokelat dengan kadungan minimal 35 persen kakao. Sisanya, 65 persen bagian cokelat ini berasal dari campuran susu bubuk, gula pasir, dan lesitin kedelai. Juga bisa didapat dari tambahan bahan lainnya.

3. Dark chocolate 

 Rasa dark chocolate mirip dengan cokelat semimanis, tetapi cenderung lebih manis dan memiliki warna coklat kehitaman. Cokelat pekat ini juga mirip dengan cokelat susu. Hanya saja, persentase kakao dan susunya tidak pasti. Selama lebih dari 35 persen kakao digunakan dalam pembuatannya, cokelat bisa dikategorikan sebagai dark chocolate karena memiliki warna lebih gelap.

4.  Milk chocolate

Bukan hanya rasanya yang lebih manis atau milky karena kandungan susunya, tekstur cokelat ini pun lebih lembut daripada jenis cokelat sebelumnya. Campuran milk chocolate terdiri dari biji kakao, gula, dan susu bubuk atau bubuk krim yang digiling.

5.  White chocolate 

Cokelat putih bukan cokelat. Bahan bakunya adalah mentega kakao atau lemak alami dari biji kakao. Penggunaan bagian kakao dalam jenis cokelat ini membuat white chocolate dianggap sah menjadi bagian dari jenis cokelat. Titik leleh cokelat putih lebih rendah daripada jenis cokelat lainnya, termasuk cokelat pekat, susu, dan semimanis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Cokelat dan Perbedaannya, Mana Favoritmu?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/03/170500275/5-jenis-cokelat-dan-perbedaannya-mana-favoritmu?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm