Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina )
Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina ) ( KOMPAS.COM)

Harga BBM Naik, Mobil Listrik serta Hybrid Bakal Semakin Diminati?

4 Oktober 2023 19:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) eceran nonsubsidi sekitar Rp 700, yang mencakup Dexlite, Pertamina Dex, dan Pertamax Series pada Minggu (1/10/2023).

Perseroan mengatakan, penyesuaian tersebut didasari oleh sejumlah aspek seperti tren harga rata-rata publikasi minyak dunia (Means of Platts Singapore/MOPS) sehingga tak membebani devisa.

Dengan putusan ini, maka Pertamina sedikitnya sudah melakukan lima kali penyesuian harga BBM nonsubsidi, yang dimulai Januari, Februari, Agustus, serta September 2023. Melihat tren terkait, apakah masyarakat akan mulai beralih ke kendaraan listrik?

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, kenaikan harga BBM sedikit-banyak mampu mempengaruhi penjualan atas mobil berbahan bakar fosil.

Hanya saja, faktor tersebut bukanlah satu-satunya. Ada beberapa aspek lain yang turut mempengaruhi daya beli masyarakat seperti kondisi ekonomi sampai politik.

"Dalam jangka pendek bisa saja berdampak (ke penjualan). Kami akan berusaha untuk memonitor dampaknya sambil berusaha memberikan value terbaik bagi konsumen," ujar dia kepada Kompas.com, Selasa.

Soal kendaraan listrik, kendati tak dinyatakan secara pasti, tapi menurutnya jika kenaikan harga BBM terus terjadi, bisa memacu masyarakat memilih mobil yang memiliki tingkat efisiensi pembakaran lebih baik alias hemat BBM.

Hal serupa juga dinyatakan Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy. Apalagi, bagi masyarakat yang mengandalkan kendaraan sebagai alat transportasi harian.

"Semua kemungkinannya ada, baik hybrid, plug-in hybrid, bahkan BEV (Battery Electric Vehicle). Selain itu, model-model ICE yang lebih hemat bahan bakar seperti LCGC juga bisa jadi pilihan," katanya.

Tapi keputusan masyarakat dalam membeli mobil listrik, apapun teknologinya, sangat kompleks. Artinya, bukan hanya gara-gara BBM naik lantas semua berbondong untuk melakukan transisi tetapi banyak faktor pendukung lain.

Misalnya, ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik berupa charging station, regulasi pemerintah, model dan harga mobil, dan lain-lain.

Untuk diketahui, tren penjualan kendaraan listrik di Indonesia selama Januari-Agustus 2023 tengah meningkat signifikan. Menurut data Gaikindo, total penjualannya sudah mencapai 37.499 unit, naik 450 persen lebih dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah itu, 77 persen merupakan kendaraan listrik berteknologi hybrid dengan total pasar 29.227 unit. Kemudian diikuti BEV sebanyak 8.310 unit dan PHEV 58 unit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga BBM Naik, Mobil Listrik dan Hybrid Bakal Semakin Diminati?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/04/080200615/harga-bbm-naik-mobil-listrik-dan-hybrid-bakal-semakin-diminati-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm