TAM Hadirkan Privilege Parking dan Charging Station Pertama untuk EV Toyota di Mall?Direktur Utama PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda (kiri), Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua kanan), disaksikan CEO Agung Sedayu Group Alexander H. Kusuma (kedua kiri) dan CMO ASHTA Frans Kurnia Arsianto (kanan) tengah melakukan pengisian daya listrik ke Toyota bZ4X, saat meresmikan area privilege parking dan charging station untuk electrification vehicle (EV) Toyota, di ASHTA District Mall, Jakarta Selatan, Selasa (3/10). Keberadaan area privilege parking dan charging station pada mall yang berlokasi di pusat kawasan bisnis Jakarta merupakan wujud komitmen Toyota untuk menghadirkan ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota sebagai bagian dari Total Mobility Solution yang lengkap dan berkelanjut(Toyota Astra Motor)
TAM Hadirkan Privilege Parking dan Charging Station Pertama untuk EV Toyota di Mall?Direktur Utama PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda (kiri), Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua kanan), disaksikan CEO Agung Sedayu Group Alexander H. Kusuma (kedua kiri) dan CMO ASHTA Frans Kurnia Arsianto (kanan) tengah melakukan pengisian daya listrik ke Toyota bZ4X, saat meresmikan area privilege parking dan charging station untuk electrification vehicle (EV) Toyota, di ASHTA District Mall, Jakarta Selatan, Selasa (3/10). Keberadaan area privilege parking dan charging station pada mall yang berlokasi di pusat kawasan bisnis Jakarta merupakan wujud komitmen Toyota untuk menghadirkan ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota sebagai bagian dari Total Mobility Solution yang lengkap dan berkelanjut(Toyota Astra Motor) ( KOMPAS.COM)

Toyota Genjot Bangun Ekosistem Yang Mendukung EV di Indonesia

4 Oktober 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki era elektrifikasi, sejumlah produsen otomotif menyajikan pilihan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari berteknologi hibrida hingga battery electric vehicle (BEV).

Beberapa pabrikan otomotif di Indonesia juga turut menghadirkan ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi, salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Tidak hanya bengkel resmi dengan standar Toyota global, Toyota xEV Ecosystem dibangun dalam bentuk fasilitas charging spot di outlet Toyota. Sementara ekosistem berupa Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot yang mudah diakses, aman, dan nyaman, disiapkan di berbagai area publik.

Adapun untuk fasilitas Ultra Fast Charging Spot sedang disiapkan juga di area rest area Jalan Tol Trans Jawa untuk menunjang perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik Toyota.

“Toyota xEV Ecosystem hadir dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota & Lexus jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota yang akan terus bertambah seiring waktu. Fasilitas ini melengkapi bengkel resmi di seluruh Indonesia yang sanggup melakukan servis berkala dan perbaikan semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota,” ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangan resmi, Selasa (3/10/2023).

Toyota xEV Ecosystem dibangun dengan tujuan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di bengkel resmi Toyota.

Dengan jaringan workshop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, pelanggan tidak cuma dapat melakukan servis berkala dan perbaikan kendaraan, namun juga mengisi ulang baterai secara gratis di fasilitas charging spot.

Setidaknya sudah ada 50 dealer Toyota yang memiliki fasilitas ini dan akan bertambah hingga 200 dealer di akhir tahun 2023, serta lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang. Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW.

Sebagai pilot project, saat ini telah tersedia fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Pemilihan mal terbaru di Jakarta ini karena adanya persamaan visi dengan Toyota yakni fokus pada lingkungan.

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia 1 unit Ultra Fast Charger 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW).

Ada juga 2 unit AC Charger Type 27 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan mendatangi mal.

Toyota juga tengah mempersiapkan fasilitas Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans Jawa yang rencananya akan dilengkapi unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

Rencananya paling lambat di tahun 2025, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22 kW. Termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota di sekitaran pulau Jawa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Genjot Bangun Ekosistem EV di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/04/090200815/toyota-genjot-bangun-ekosistem-ev-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm