Ilustrasi chili oil.
Ilustrasi chili oil. ( SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker)

Berikut Ini 3 Cara Makan Claypot Nasi agar Semakin Nikmat

5 Oktober 2023 06:22 WIB

SonoraBangka.id - Sebelum menikmati claypot nasi, kamu bisa menyimak tips makan sajian ini langsung dari pemilik resto. Monica Liefanny, Head of Production Potteria, menyampaikan bahwa claypot nasi bisa disantap kapan saja.

Namun, ada beberapa cara makan yang bisa menambah nikmat santapannya. Tips makan claypot nasi ini cocok diikuti oleh pemula. Bagi kamu yang baru pertama kali mencobanya, simak cara menikmati claypot nasi berikut ini.

1. Gunakan piring

Claypot bukan hanya dijadikan alat masak, tetapi juga alat saji untuk wadah nasi dan aneka topping-nya. Itu sebabnya, menurut Monica, sebaiknya gunakan piring agar lebih mudah saat menyantap claypot hingga habis. "Nasi itu kan masih panas, jadi sebaiknya pakai piring. Bisa dimakan langsung pakai sendok, tetapi lebih santai makannya sambil ngobrol," kata Monica saat ditemui Kompas.com di Potteria Gading Serpong, Selasa (19/9/2023).

2. Tambah bumbu

Restoran claypot biasanya menyajikan bumbu tambahan di atas meja. Coba tanyakan bila tidak ada bumbu tambahannya. Menambah bumbu akan membuat claypot nasi lebih gurih ketika dimakan. Sesuaikan dengan selera rasa masing-masing. "Bisa tambah chili garlic, daun bawang, atau chili oil yang juga bisa menambah nikmat," ujar Monica.

3. Boleh aduk atau tidak

Tekstur claypot nasi mirip bubur. Kamu bisa mengaduknya sebelum dimakan atau menikmatinya tanpa adukan. Monica membebaskan cara makan claypot yang satu ini sesuai dengan keinginan pelanggan. Mengaduk claypot nasi sebelum makan dapat meratakan aneka topping dan nasinya. Tidak mengaduknya bisa memudahkan kamu menikmati satu per satu kondimen dalam claypot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Makan Claypot Nasi agar Makin Nikmat, Perlu Diaduk?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/04/180600075/3-cara-makan-claypot-nasi-agar-makin-nikmat-perlu-diaduk-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm