Contoh power steering hidrolik(KOMPAS.com/Gilang)
Contoh power steering hidrolik(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Ini Mobil yang Mesti Bisa Pakai Selang High Pressure Power Steering Ori

5 Oktober 2023 19:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kelemahan power steering tipe hidrolik yaitu sering bocor. Bila sudah bocor akan membuat kerja power steering tak maksimal.

Pada dasarnya power steering hidrolik punya tiga bagian utama yaitu steering rack, pompa dan selang. Khusus untuk selang ini ada tiga, selang low pressure, selang return, dan selang high pressure (tekanan tinggi).

Giyarno, pemilik bengkel spesialis Giri Power Steering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, kalau ada kebocoran berasal dari selang maka sebaiknya diganti.

"Kalau selang bocor tinggal ganti pakai yang baru selesai, kalau pompa dan steering rack ganti sil-silnya saja," kata Giyar kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Giyar mengatakan, untuk selang low pressure dan selang return bisa memakai selang biasa yang beli meteran. Namun untuk sebagian mobil, untuk selang high pressure tidak semua bisa pakai selang meteran dan harus memakai orisinal.

"Kalau ganti selang low low pressure itu murah pakai meteran bisa, tapi kalau high pressure itu untuk beberapa mobil seperti Avanza dan Kijang bisa yang biasa, tapi kalau sudah Innova atau model lain itu mesti orisinal," katanya.

Giyar mengatakan, harga selang meteran dan selang high pressure orisinal cukup jauh. Harga selang high pressure bisa mencapai Rp 1 juta.

"Kalau selang relatif, kalau selang yang dijual di toko biasa itu Rp 500.000 itu biasa bukan orisinal. Tapi untuk Avanza atau Kijang jarang yang harus sampai ganti orisinal yang dijual di tempat biasa sudah cukup.

"Tapi kalau Innova ke atas harus orisinal kalau tidak dia tidak bisa bekerja maksimal. Avanza, Kijang, Starlet atau mobil-mobil umum di bawah Innova bisa. Emang kayanya modelnya begitu tidak terlalu sensitif," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Mobil yang Mesti Pakai Selang High Pressure Power Steering Ori", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/05/142805515/ini-mobil-yang-mesti-pakai-selang-high-pressure-power-steering-ori.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm