SUV listrik Toyota bZ(Doc Carscoops)
SUV listrik Toyota bZ(Doc Carscoops) ( KOMPAS.COM)

Toyota dan Suzuki Kolaborasi Untuk Bikin SUV Listrik bZ

5 Oktober 2023 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pamor kendaraan elektrifikasi di Indonesia semakin naik. Sejumlah produsen mobil kini berlomba-lomba meluncurkan produknya dalam berbagai tipe, mulai hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV) atau kendaraan listrik murni.

Salah satunya adalah Toyota yang baru-baru ini mengumumkan strategi elekrtifikasinya dengan meluncurkan SUV mungil yang dikembangkan melalui kolaborasinya bersama dengan Suzuki.

Dikutip dari Carscoops, Kamis (5/10/2023), mobil yang merupakan versi produksi dari Toyota bZ (beyond zero) Small Crossover Concept ini dikabarkan akan melakukan debut pada 2025.

Toyota bertujuan untuk memanfaatkan kesuksesan mobil listrik berdimensi mungil di pasar domestik, namun kemungkinan besar mobil ini juga akan ditawarkan secara global, termasuk Eropa.

Masih berdasarkan sumber yang sama, disebutkan bahwa Suzuki dipilih sebagai mitra yang ideal untuk pengembangan kolaboratif karena kemahirannya dalam memproduksi mobil kecil.

Seperti diketahui, Toyota dan Suzuki memiliki hubungan yang cukup baik, kedua pabrikan asal Jepang ini beberapa kali terlibat kolaborasi menghasilkan berbagai model dengan konsep saling rebadge. Sebut saja Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Brezza, kemudian ada Hyryder dan Grand Vitara.

Bicara soal bZ Small Crossover merupakan salah satu dari 15 konsep Toyota dan Lexus yang dipamerkan pada Desember 2021 lalu.

Mobil ini diperkenalkan dalam bentuk rendering digital atau prototipe, menjadikan mobil ini sebagai line up dengan dimensi paling kecil dalam jajaran bZ.

Pada saat peluncurannya, Toyota menyatakan bahwa bZ Small Crossover telah dirancang dengan fokus pada pasar Eropa dan Jepang.

Dari segi ukuran, mobil konsep ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari Yaris Cross. Desain eksteriornya tampak cukup futuristis dengan fascia khas line up bZ gaya ‘hammerhead’ atau hiu martil.

Perseroan tidak mengungkapkan spesifikasi mobil secara spesifik, cuma disebutkan bahwa mobil ini didasarkan pada arsitektur eTNGA dan memiliki daya jelajah sejauh 125 Km.

Kabarnya, debut small SUV listrik Toyota ini akan dilakukan pada tahun 2025 bertepatan dengan pengenalan Suzuki eVX dengan spesifikasi produksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota dan Suzuki Kolaborasi Bikin SUV Listrik bZ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/05/180100515/toyota-dan-suzuki-kolaborasi-bikin-suv-listrik-bz.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm