Foto Ilustrasi kondisi kabut asap di Palembang dan wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) lainnya semakin parah
Foto Ilustrasi kondisi kabut asap di Palembang dan wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) lainnya semakin parah ( Kolase SRIPOKU.com )

Efek Asap, Empat Siswa Terkena ISPA di Kabupaten Bangka Tengah

7 Oktober 2023 09:43 WIB

SonoraBangka.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung mencatat ada empat siswa di Kabupaten Bangka Tengah yang terdampak infeksi saluran pernapasan (ISPA) sesak akibat dari asap lahan gambut.

"Informasi diperoleh dari guru yang berada di Sekolah Desa Penyak, Kecamatan Koba, Bangka Tengah," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa, Sabtu (7/10/2023).

Selain itu, dampak dari kabut asap kiriman pada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berada di Kawasan jalan BayPass Perkantoran Bupati Bangka Tengah, Koba itu juga diduga penyebab terjadinya kabut asap di Kota Pangkalpinang, Jumat (6/10/2023) lalu.

"Terlihat kabut asap di seputaran Bandara Depati Amir Pangkalpinang, asap semakin siang semakin tebal. Perbukitan yang terlihat dari Kota Pangkalpinang seperti Bukit Pau, Bukit Pinteir, Bukit Kejora sudah tertutup kabut asap," katanya.

Dia menyebutkan hingga hari ke-4, Karhutla yang terjadi di Kabupaten Bangka Tengah terkhusus di Jalan Bay Pass Perkantoran Bupati Bangka Tengahi yang belum berhasil dipadamkan dikarenakan lahan bergambut.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Karena kondisinya kering, api menjalar dengan cepat. Hingga saat ini total luas lahan gambut yang terbakar di kawasan tersebut mencapai 55 hektar," katanya.

BPBD juga mendapat laporan dari kondisi yang sama terjadi kabur asap di antaranya Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Kabut asap ini merupakan kiriman dari Provinsi Sumatera Selatan yang diakibatkan kebakaran rawa gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kabupaten Banyuasin.

Sementara itu, di Kabupaten Bangka juga kabut asap sudah mulai terlihat dan dirasakan masyarakat setempat. Disebutkan masyarakat pagi hari kemarin di wilayah Kota Sungailiat terpantau redup tapi bukan mendung, karena ada rasa perih di mata," katanya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Empat Siswa Terkena ISPA di Kabupaten Bangka Tengah, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/07/empat-siswa-terkena-ispa-di-kabupaten-bangka-tengah.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm