Ilustrasi mentimun jepang, timun jepang atau kyuri.
Ilustrasi mentimun jepang, timun jepang atau kyuri. ( SHUTTERSTOCK/NISHIHAMA)

Tidak Hanya untuk Lalapan, Berikut Ini 5 Jenis Mentimun

7 Oktober 2023 17:53 WIB

SonoraBangka.id -  Mentimun memiliki beberapa jenis dengan bentuk yang terlihat hampir mirip satu sama lain. Mentimun sering digunakan sebagai lalapan mentah, acar, salad, dan minuman yang segar. Rasa mentimun cenderung tawar, segar, dan netral.

Simak beberapa jenis mentimun tidak hanya untuk lalapan, dikutip dari majalah "Saji / ED 417 JUL 2018" (2018) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Mentimun lokal

Mentimun jenis lokal ini paling mudah ditemukan di pasar atau swalayan. Ukuran mentimun lokal cukup panjang dan besar, dengan warna kulit putih dengan ujung kehijauan. Mentimun lokal cocok dijadikan untuk bahan masakan.

2. Mentimun lalap

Mentimun lalap memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan mentimun lokal. Menitum lalap tidak memiliki biji buah terlalu banyak sehingga cocok untuk lalapan sesuai namanya. Warna mentimun lalap lebih hijau dengan guratan-guratan putih pada permukaan kulitnya.

3. Mentimun Jepang atau kyuri

Mentimun kyuri merupakan jenis mentimun yang memiliki ciri khas pada kulitnya berwarna hijau pekat. Mentimun Jepang digunakan sebagai bahan membuat salad atau garnish. Mentimun Jepang lebih panjang dengan biji yang kecil dari mentimun lokal.

4. Mentimun suri

Mentimun suri termasuk ke dalam jenis mentimun yang memiliki permukaan kulit halus dan ukurannya tergolong besar, kemudian berwarna putih kekuningan. Mentimun suri dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman segar.

5. Mentimun mini

Mentimun mini dipanen pada saat ukurannya masih kecil sehingga disebut mentimun mini. Mentimun mini lebih sering dijadikan acar atau lalapan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Mentimun Tidak Hanya untuk Lalapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/06/220300575/5-jenis-mentimun-tidak-hanya-untuk-lalapan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm