Mobil Pemadam Kebakaran milik PLN yang berada di lokasi kebakaran hutan dan lahan daerah Koba
Mobil Pemadam Kebakaran milik PLN yang berada di lokasi kebakaran hutan dan lahan daerah Koba ( Humas PLN Babel)

Bantu Padamkan Karhutla, PLN Kerahkan Mobil Pemadam Kebakaran

7 Oktober 2023 20:01 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung turut membantu Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam menangani kebakaran yang terjadi akibat musim kemarau yang bekepanjangan akibat dampak dari El Nino, Kamis (5/10/2023)

PLN berkolaborasi dengan Tim Pemadam Kebakaran Bangka Tengah telah memadamkan kebakaran hutan, lahan dan rumah warga.

Manager UPK Bangka Belitung, Wayan Budi Laksana mejelaskan bahwa PLN akan ikut membantu dalam penanganan karhutla yang terjadi didaerah sekitar Pangkalpinang dan juga Kabupaten yang tersebar.

"Kami mendapat info bahwa terjadi kebakaran di ruas jalan disekitar daerah Koba, petugas damkar yang standby di PLN yang berlokasi di Air Anyir langsung sigap dan segera menurunkan petugas ke daerah kebakaran" jelas Wayan.

Sementara itu, Kepala BPBD Bangka Tengah Yudhi memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menyediakan damkar untuk kepentingan bersama.

"Kami mengapresiasi kepada PLN yang sigap membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam memadamkan kebakaran karhutla ini," ungkap Yudhi.

Dari catatan BPBD Bangka Tengah mencatat ada empat titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan yaitu berada di kawasan Desa Penyak, bekas perkantoran PT Koba Tin, Dusun Nadi dan kawasan Tayib di Kecamatan Pangkalanbaru.

"Empat titik yang kami sebutkan itu sangat rawan terbakar apabila terjadi musim kemarau," ujarnya

Yudhi juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lahan dan tidak membakar lahan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan selama musim kemarau ini, karena akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kualitas udara di daerah ini,” pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm