Ilustrasi Espresso Macchiato.
Ilustrasi Espresso Macchiato. ( DOK.SHUTTERSTOCK/New Africa)

Seenak Bikinan Cafe Favorit, Berikut Cara Bikin Espresso Machiato

8 Oktober 2023 06:40 WIB

SonoraBangka.id - Espresso macchiato merupakan salah satu menu kopi ala kafe yang bisa kamu pesan untuk menemani waktu nongkrong.

Dilansir dari laman The Spruce Eats, espresso macchiato banyak dihidangkan di Italia dengan sebutan caffe macchiato.Jika orang Italia lebih suka menikmati cappucino di pagi hari, maka macchiato lebih enak dinikmati di sore hari.

Oleh karena itu, muncullah segelas espresso macchiato yang menjadi perpaduan sempurna. Simak tips membuat espresso macchiato berikut ini. 

1. Gunakan takaran yang pas

Masih dalam laman The Spruce Eats yang sama, espresso macchiato dibuat dengan menggunakan rasio espresso dan susu sebanyak 2 banding 1. Sementara, cappucino biasanya dibuat dengan rasio 1 banding 2 atau latte yang dibuat dengan rasio 1 banding 3. Tujuan dari digunakannya takaran 2 banding 1 antara espresso dan susu adalah rasa dari espresso tidak terasa dominan dan rasa susu bisa memberikan sentuhan manis sehingga meningkatkan cita rasa kopi.

2. Proses olah susu

Pada espresso macchiato, ada topping dari busa susu yang menggugah selera. Cara untuk membuat busa susu tersebut adalah susu dipanaskan hingga suhu 160-165 derajat celsius. Kemudian uap masuk ke dalam susu yang menyebabkan lemak mengembang dan menghasilkan lapisan gelembung kecil. Ditambahkan dari laman MasterClass, kamu bisa menggunakan aneka jenis susu seperti susu almond, susu kedalai, atau santan.

3. Gunakan penggiling biji kopi

Jika kamu memiliki biji kopi espresso giling halus dengan alat. Pastikan kamu menggiling biji kopi menggunakan portafilter untuk mendapatkan bubuk kopi segar.

4. Cara tuang susu

Setelah susu diolah, tuang susu yang masih cair dan tidak berbusa di gelas terpisah. Ambil busa susu dan tuang di atas espresso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Bikin Espresso Machiato Seeanak Seenak Bikinan Cafe Favorit ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/06/121100275/5-cara-bikin-espresso-machiato-seeanak-seenak-bikinan-cafe-favorit-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm