Ilustrasi bunga telang.
Ilustrasi bunga telang. ( SHUTTERSTOCK/Cahya Pratama)

Berikut Ini 3 Cara Gunakan Bunga Telang untuk Pewarna Alami

8 Oktober 2023 06:49 WIB

SonoraBangka.id - Bunga telang sering digunakan sebagai pewarna alami. Menciptakan warna biru cerah keunguan pada makanan dan minuman. Cara mengolah bunga telang sebagai pewarna alami tidak sembarangan.

Meski sederhana, kamu harus mengikuti langkahnya biar hasil warna lebih maksimal. Dwi Poyono, petani Javara, menjelaskan cara mengolang bunga telang untuk pewarna berikut ini.

1. Seduh dengan air

Siapkan bunga telang segar dan seduh dengan air. Perbandingannya adalah tiga hingga lima bunga telang dengan 200 mililiter air. "Pakai air panas biar keluar warna birunya maksimal. Cukup pakai satu gelas," ujar Dwi saat ditemui Kompas.com usai acara perilisan menu kolaborasi Chatime Atealier dan Javara, Rabu (4/10/2023). Baca juga: Resep Nasi Uduk Bunga Telang, Warna Biru Cantik Seperti Buatan Peserta MasterChef Cara Membuat Teh Bunga Telang dengan Lemon dan Jahe Resep Mocktail Telang Soda, Minuman Segar ala Kafe di Rumah

2. Keringkan bunga telang

Keindahan warna bunga telang bisa keluar lebih maksimal bila dikeringkan lebih dulu. Metode ini cocok digunakan untuk makanan. Jangan biarkan bunga telang kering di bawah sinar matahari. Menurut Dwi, panas sinar matahari justru membuat warnanya luntur. "Cukup pakai pemanas biasa, dikeringkan selama enam hingga delapan jam," jelas Dwi.

3. Haluskan bunga telang

Setelah dikeringkan, pisahkan bagian kelopak dan batang hijau bunga telang. Cukup ambil kelopak bunga telang kering, kemudian haluskan. Gunakan blender untuk menghaluskan bunga telang. Simpan bubuknya untuk dijadikan pewarna alami saat memasak. "Dari tepungnya itu diayak dulu, bisa dipakai untuk pewarna makanan," kata Dwi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Gunakan Bunga Telang untuk Pewarna Alami, Tips dari Petani", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/05/170500675/3-cara-gunakan-bunga-telang-untuk-pewarna-alami-tips-dari-petani.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm