Pedagang cabai di Pasar Induk Pembangunan Kota Pangkalpinang.
Pedagang cabai di Pasar Induk Pembangunan Kota Pangkalpinang. ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah )

Cabai Rawit Rp90 Ribu per Kilo, Musim Kemarau Picu Kenaikan Harga Sayuran di Pasar Pangkalpinang

8 Oktober 2023 14:42 WIB

SonoraBangka.id - Ternyata, musim kemarau yang terjadi hampir tiga bulan terkahir mengakibatkan harga sayuran dan bakan pokok lainnya di Pasar Pangkalpinang mengalami kenaikan. 

Pantauan Bangkapos.com, komoditi sayuran yang terjadi kenaikan ini seperti harga cabai kentang, buncis, wortel, dan jenis sayuran lainnya.

Diketahui harga cabai rawit lokal saat ini juga alami kenaikan dengan harga jual dikisaran Rp80 ribu hingga Rp90 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga komoditi lainnya seperti kentang dan wortel Rp20 ribu per kilogram.

 

"Yang mulai naik itu cabai, kentang, tomat dan lainnya. Kalau untuk kenaikan sudah terjadi secara berangsur beberapa minggu lalu, bisa jadi selama musim kemarau ini semua sayuran bakal naik" ungkap pedagang sayuran di Pasar Air Itam Pangkalpinang, Rozi.

Sementara itu untuk harga komoditi bawang merah saat ini justru terpantau stabil yakni Rp28 ribu hingga Rp30 ribu atau turun dari harga beberapa bulan terakhir ini yang sempat menyentuh Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilo.

Senanda, Erwandi satu di antara pedagang sayuran juga mengungkapkan jika harga beberapa komoditi bumbu dapur saat ini terjadi kenaikan, seperti halnya cabai, tomat dan kentang.

Menurutnya, komoditi sayuran ini akan terus kembali terjaid kenaikan apabila musim kemaru terus berlangsung.

"Sekarang beberapa komoditi sudah naik, tidak menutup kemungkinan akan terus naik kembali karena kita tau sayuran ini membutuhkan air seperti cabai contohnya," tutur Erwandi

  • Cabai Panjang Rp45 -50 ribu per kilo
  • Bawang Putih Rp30 - 35 ribu per kilo
  • Bawang Merah Rp25 - 28 ribu per kilo
  • Wortel Rp20 ribu per kilo
  • Kentang Rp20 ribu per kilo
  • Timun Rp8 ribu - Rp10 ribu


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Musim Kemarau Picu Kenaikan Harga Sayuran di Pasar Pangkalpinang, Cabai Rawit Rp90 Ribu per Kilo, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/08/musim-kemarau-picu-kenaikan-harga-sayuran-di-pasar-pangkalpinang-cabai-rawit-rp90-ribu-per-kilo.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm