Ilustrasi semur jengkol khas Betawi.
Ilustrasi semur jengkol khas Betawi. ( SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H)

Empuk dan Bumbu Meresap, Berikut 6 Resep Semur Jengkol ala Warteg

9 Oktober 2023 14:48 WIB

SonoraBangka.id -  Semur jengkol merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang punya cita rasa khas dan menggugah selera. Jengkol memiliki aroma kuat yang bisa berkurang, jika menggunakan cara masak yang benar.

Menu hidangan dengan bumbu gurih ini, biasanya disajikan sebagai salah satu menu warteg. Simak aneka resep semur jengkol empuk dengan berbagai tambahan bahan pelengkap berikut ini.

1. Resep semur jengkol khas betawi

Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang perlu bumbu dan cara mengolah yang tepat untuk menghasilkan masakan nan lezat. Cita rasa dari semur yang satu ini pedas manis, cocok untuk lauk nasi hangat. 

2. Resep semur jengkol pedas

Kamu termasuk pencinta menu masakan pedas? Coba ikuti resep semur jengkol pedas mengigit lidah. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang perlu bumbu dan cara mengolah yang tepat untuk menghasilkan masakan nan lezat.

3. Resep semur jengkol ala warteg

Ada penggunaan air kapur sirih dan kopi instan sebagai bahan rebus jengkol agar baunya hilang. Sebagai bumbu halusnya, hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan jinten.

4. Resep semur jengkol untuk stok

Gunakan jengkol tua kemudian kupas kulitnya dan belah menjadi dua. Luangkan waktu selama satu jam hingga lunak dan empuk. Angkat dan masak cepat dengan bahan tumisan lainnya.

5. Resep semur jengkol empuk

Ada cara memasak semur jengkol dengan bau yang berkurang, seperti dengan memasaknya bumbu kayu manis, garam, gula, merica, pala, kapulaga, dan kecap. Masak dengan bahan bumbu tersebut, tunggu hingga menyusut dan sajikan.

6. Resep semur jengkol antibau

Rebus dulu jengkol hingga matang agar baunya berkurang dan lebih empuk saat dimasak dengan bumbu tumis. Semur jengkol ini tidak pedas. Kamu bisa menambahkan cabai ke dalam bumbu halus bila ingin membuatnya terasa pedas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Resep Semur Jengkol ala Warteg, Empuk dan Bumbu Meresap", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/09/121300475/6-resep-semur-jengkol-ala-warteg-empuk-dan-bumbu-meresap?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm